Dampak Covid-19 Omzet Warung Cerdas Wanareja, Turun

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

CILACAP – Dalam satu bulan terakhir kasus Covid-19 mengalami peningkatan di beberapa daerah, termasuk di Kabupaten Cilacap. Dampak pandemi ini juga dirasakan Warung Cerdas Wanareja, Cilacap, di mana omzetnya mengalami penurunan.

Manajer KUD Utama yang mengelola Warung Cerdas di Kecamatan Wanareja, Sudaryanto, mengatakan, sebelum pandemi omzet warung cerdas dalam sehari bisa mencapai Rp26 juta bahkan terkadang lebih. Namun saat ini, omzet warung cerdas stagnan pada angka Rp24 juta per hari, terkadang kurang dari jumlah tersebut.

Manajer KUD Utama yang mengelola warung cerdas di Kecamatan Wanareja, Sudaryanto, dijumpai di Cilacap, Rabu (11/11/2020). Foto: Hermiana E. Effendi

“Yang pasti daya beli masyarakat juga mengalami penurunan, sehingga yang tadinya barang-barang sekunder banyak dibeli, sekarang hanya barang kebutuhan pokok saja yang terbeli,” jelas Sudaryanto, Rabu (11/11/2020).

Pendapatan warung cerdas ini utamanya dari penjualan beras, gula, kopi, minyak goreng dan kebutuhan bahan pokok lainnya. Sedangkan untuk penjualan barang sekunder seperti kosmetik, kerajinan ataupun makanan camilan, secara umum mengalami penurunan.

Untuk menambah penghasilan Warung Cerdas Wanareja menyewakan lima kios yang berada di dekat warung. Kios-kios tersebut disewakan dengan harga Rp5 juta hingga Rp7 juta per tahun.

camilanCerdasCovidDamandiriJatengKioskomestikminumanomzetwarungYayasan
Comments (0)
Add Comment