Omzet Pedagang di Kios Warung Cerdas Wanareja Makin Stabil

Editor: Koko Triarko

CILACAP – Meskipun di tengah pandemi Covid-19, namun usaha di kios-kios yang disewakan Warung Cerdas Wanareja, Kabupaten Cilacap, mengalami perkembangan yang cukup bagus. Sehingga para pelaku usaha tersebut memperpanjang sewa kios.

Salah satu pedagang yang memperpanjang sewa kios adalah warung makan milik Ai Tuting. Warung makan dengan menu andalan ayam kampung ini sebenarnya waktu sewa kiosnya habis pada Oktober lalu, namun melihat perkembangan usaha yang makin maju, Ai Tuting memperpanjang sewa kios.

Pemilik warung makan, Ai Tuting, di warungnya, Kamis (10/12/2020). –Foto: Hermiana E. Effendi

“Kemarin karena ada Covid-19, saya sempat bimbang mau memperpanjang sewa kios atau tidak, tetapi makin ke sini ternyata usaha makin stabil, bahkan sedikit demi sedikit ada kenaikan omzet, sehingga saya perpanjang sewa kiosnya,” tuturnya, Kamis (10/12/2020).

Terkait usaha warung makannya itu, Ai Tuting bertutur, pada awal buka warung, omzet penjualannya sudah cukup bagus. Dalam satu hari, ia bisa menjual rata-rata sampai 30 ekor ayam kampung. Pendapatannya juga ditunjang oleh penjualan makanan lainnya, seperti ayam kampung, lele dan aneka lauk makan lainnya.

Namun, kemudian terjadi pandemi Covid-19 dan usaha warung makannya terdampak. Penjualannya menurun dratis, dalam satu hari ia hanya bisa menjual sekitar 10 ekor ayam kampung saja. Penurunan omzet penjualan tersebut berlangsung sampai beberapa bulan, sehingga ia berpikir untuk tidak memperpanjang sewa kios.

“Saya banyak kehilangan pelanggan, karena sekolah-sekolah tutup, biasanya ibu guru banyak yang mampir ke warung saya sepulang mengajar,” katanya.

Setelah pandemi berjalan beberapa bulan, omzet penjualan ayam kampungnya mulai mengalami peningkatan. Meskipun belum kembali seperti saat situasi sebelum pandemi, namun sudah ada peningkatan, sehingga ia memutuskan untuk mempepanjang sewa kios pada bulan Oktober lalu.

Setiap hari, warung makan milik Ai Tuting buka mulai pukul 06.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Letak kios yang strategis ditunjang oleh keberadaan Warung Cedas Wanareja yang juga selalu ramai pembeli, membuat warung makan Ai Tuting kembali ramai pembeli.

Selain kios makan, ada kios lainnya di lokasi tersebut, yaitu bengkel motor dan tambal ban, warung kopi serta agen bus.

Manajer KUD Utama yang mengelola Warung Cerdas di Kecamatan Wanareja, Sudaryanto, mengatakan keberadaan kios-kios tersebut turut mendukung ramainya warung cerdas.

“Rencananya memang akan dibangun rest area di kawasan Warung Cerdas Wanareja ini, karena lahan yang tersedia masih cukup luas. Namun, tertabrak situasi pandemi, sehingga rencana tersebut ditunda terlebih dahulu,” ucapnya.

CerdasCilacapJatengKiospandemiPedagangSewaWanarejawarung
Comments (0)
Add Comment