Pisang Tanduk Goreng Crispy Digemari Warga Bandar Lampung

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Olahan berbahan dasar pisang kerap jadi camilan yang digemari masyarakat. Jenis pisang tanduk merupakan bahan olahan yang kerap digemari.

Berbentuk seperti tanduk, panjang, dan meruncing di ujung menjadi ciri khas pisang tersebut. Meski jumlah buah pisang terbatas namun kuliner pisang tanduk goreng jadi alternatif olahan nan lezat.

Tyas, salah satu pemilik usaha kuliner pisang tanduk goreng crispy menyebut makanan tersebut makin digemari. Tren menyukai makanan yang digoreng garing atau crispy membuat inovasi pisang tanduk disiapkan.

Ia hanya menyediakan satu jenis pisang goreng sebagai ciri khas. Meski memakai gerobak di Jalan Pulau Legundi, Sukarame, Bandar Lampung usaha kulinernya diburu pelanggan.

Pisang tanduk matang siap digoreng oleh pemilik usaha kuliner pisang tanduk goreng crispy di Jalan Pulau Legundi, Sukarame, Bandar Lampung, Sabtu (12/12/2020) – Foto: Henk Widi

Jenis pisang tanduk yang dipilih menurut Tyas sengaja didatangkan dari Palembang. Pisang tanduk matang ukuran 13 cm hingga 15 cm  disiapkan, setiap sisir digantung pada gerobak. Bahan utama pisang tanduk dicampur dengan tepung crispy khusus, tepung tapioka agar menciptakan tekstur renyah. Proses pembuatan adonan akan dilakukan dadakan sebelum penggorengan.

“Pelanggan kerap meminta pisang digoreng saat datang sehingga masih renyah dan bagian dalam hangat, diberi taburan cokelat, susu atau mesis untuk menambah varian rasa pada pisang tanduk crispy yang saya buat,” terang Tyas saat ditemui Cendana News, Sabtu (12/12/2020).

Tyas bilang ia selalu menggunakan air matang dalam proses pengadonan tepung. Pisang tanduk yang matang akan dikupas, dibelah menjadi dua. Setelah dibelah selanjutnya pisang akan diletakkan dalam adonan.

Menjaga supaya pisang matang sempurna ia mempergunakan minyak goreng kemasan yang telah dididihkan. Kunci mendapat pisang yang renyah sebutnya berasal dari minyak mendidih.

Tyas menyebut keunikan pisang tanduk goreng crispy terletak pada ukuran. Jenis pisang lain sebutnya tidak menandingi ukuran pisang tanduk.

Ukuran yang besar dengan tekstur lembut pisang dan tambahan crispy pada tepung membuat kuliner itu mengenyangkan saat disantap. Lokasi berjualan di dekat salah satu universitas negeri membuat pisang tanduk goreng crispy disukai kalangan mahasiswa.

“Pisang tanduk goreng bisa menjadi menu pengganti nasi kala pagi karena mengandung karbohidrat,” bebernya.

Sehari Tyas mengaku bisa menjual sekitar puluhan sisir pisang tanduk yang telah digoreng. Tingkat kematangan pisang tanduk yang lambat memungkinkannya bisa menyiapkan stok dalam jumlah banyak.

Pisang tanduk yang siap digoreng terlebih dahulu digantung untuk mempercepat pematangan. Tambahan tepung maizena saat penggorengan sekaligus menambah renyahnya pisang tersebut.

Menjual pisang tanduk goreng crispy seharga Rp2.000 dalam sehari ia menyebut bisa mendapat omzet lebih dari Rp500.000.

Masa pandemi Covid-19 berimbas aktivitas kuliah dibatasi secara online membuat mahasiswa berkurang. Hanya mahasiswa yang tengah melakukan proses pengurusan skripsi dan bimbingan. Ia bisa mendapat omzet lebih banyak saat aktivitas sekolah dan perkuliahan normal.

“Pelanggan paling banyak pelajar dan mahasiswa, pegawai kantoran karena pisang yang digoreng dibuat kekinian,” cetusnya.

Aroma wangi khas pisang tanduk goreng crispy juga kerap tercium dengan adanya tambahan vanili. Tekstur lembut dan renyah pisang goreng tanduk menurut Tyas membuat pelanggan memyukainya dalam kondisi hangat.

Ia memilih menyediakan pisang yang sudah digoreng dalam jumlah terbatas. Saat hangat pisang goreng tersebut akan semakin lezat diolesi cokelat, keju dan susu.

Stevani, salah satu penyuka pisang tanduk goreng crispy menyebut jenis pisang tersebut memiliki ukuran besar. Ia memilih membeli pisang yang digoreng dalam kondisi hangat sehingga lebih renyah. Tekstur crispy saat tepung digoreng kering berpadu dengan rasa manis pada pisang tanduk.

Ia kerap membeli pisang tanduk untuk camilan bersantai, saat menonton televisi bersama keluarga. Cukup menyantap dua hingga tiga pisang tanduk goreng kuliner tersebut cukup mengenyangkan.

Aroma khas wangi pisang tanduk akan semakin lezat ketika dinikmati dengan segelas susu hangat. Ia juga menyebut cara menggoreng yang benar membuat pisang lebih renyah dan lembut saat disantap.

gorengLampungmahasiswamaizenaomzetPIsangrenyahTandukukuranUniversitas
Comments (0)
Add Comment