Harga Cabai Merah di Pasar Raya Padang, Turun

PADANG – Harga cabai merah di Pasar Raya Padang, Sumatera Barat mulai berangsur turun dalam seminggu terakhir dari harga Rp65 ribu per kilogram sekarang sudah mengalami penurunan menjadi Rp48 ribu per kilogram akibat masuk masa panen cabai.

Plt Kepala Dinas Pangan Kota Padang, Guswardi, di Padang, Jumat, mengatakan, penurunan harga itu disebabkan petani cabai merah di sejumlah daerah sudah mulai melakukan panen meski belum seluruhnya.

“Serta tidak lama lagi beberapa daerah seperti di Jawa akan kembali panen. Menjelang satu bulan sebelum bulan puasa harga cabai akan kembali stabil,” kata dia.

Selain cabai merah, harga cabai rawit merah juga sudah mulai berangsur turun namun harga cabai rawit hijau masih tetap naik. Meski begitu daya beli masyarakat masih kurang.

Seorang pedagang di Kios Cabai Adinda di Pasar Raya Padang menyebutkan, harga cabai rawit hijau saat ini masih naik Rp65 ribu per kilogram setelah sebelumnya Rp60 ribu. Kemudian harga cabai rawit merah meski masih terbilang mahal namun sudah mulai berangsur turun menjadi Rp80 ribu per kilogram setelah sebelumnya sempat mencapai Rp95 ribu per kilogram.

“Kemudian harga cabai hijau masih datar di angka Rp35 ribu per kilogram, harga cabai giling Rp50 ribu per kilogram, dan harga cabai giling yang sudah dicampur bawang Rp46 ribu per kilogram,” katanya.

Sementara itu harga bawang masih terbilang standar seperti bawang merah super Rp28 ribu per kilogram, bawang putih Rp22 ribu, dan bawang bombay Rp22 ribu.

Harga sayuran saat ini masih datar meski ada yang mengalami penurunan dan kenaikan seperti tomat turun menjadi Rp7 ribu dari sebelumnya Rp9 ribu per kilogram. Harga lobak, buncis, dan timun juga alami kenaikan sebesar Rp3 ribu dari biasanya.

bunciscabaihargaKedelaiKioslobakPedagangSumbar
Comments (0)
Add Comment