Harum Wangi Sambal Buah Mangga Kuweni

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Menu sambal, salah satu pelengkap kuliner untuk penambah cita rasa bagi yang suka rasa pedas bisa menjadi menu penghangat tubuh di kala musim penghujan. Di Bandar Lampung, sambal mangga kuweni menjadi sambal khas pelengkap ikan kakap bakar.

Nory, warga Bumiwaras, Teluk Betung, Bandar Lampung, menyebut kuweni merupakan salah satu jenis mangga yang beraroma wangi, dengan daging buah yang padat, lembut, dan berserat.

Buah yang bernama latin Mangifera odorata Griffith itu, menurut Nory sangat cocok sebagai pelengkap menu ikan kakap bakar.

Varian kuliner boga bahari (seafood) dengan cara dibakar tersebut, seringkali disajikan saat akhir pekan bersama sayuran daun singkong rebus, lalapan kemangi dan mentimun. Untuk dibuat sambal, buah kuweni dipilih yang setengah matang.

Nory, warga Bumiwaras, Teluk Betung, Bandar Lampung, saat membuat sambal kuweni, Sabtu (9/1/2021). -Foto: Henk Widi

Nory menjelaskan, cara membuat sambal kuweni sangat mudah. Dua buah kuweni atau 1 kilogram kuweni seharga Rp10.000, dibersihkan bagian kulitnya, lalu diiris tipis-tipis. Bersama bahan bawang merah, bawang putih, garam, cabai merah, cabai rawit, diulek memakai cobek. Proses penghalusan akan meciptakan campuran cita rasa harum dan lezat.

“Kuweni yang ditumbuk dengan pengulekan akan memunculkan serat halus, dan saat tercampur dengan bumbu lain akan menimbulkan sensasi aroma yang harum dan menggugah selera. Dengan campuran rasa yang beragam, makin lezat ditambah perasan air jeruk,” terang Nory, Sabtu (9/1/2021).

Menurut Nory, pembuatan sambal kuweni juga bisa dilakukan dengan blender. Irisan mangga kuweni yang telah dipotong dimasukkan dalam blender bersama bahan bumbu lain. Meski demikian, ia memilih cara pengulekan tradisional dengan cobek. Sebab, sensasi sambal kuweni yang masih mengandung serat akan makin pas saat disantap bersama daging ikan kakap bakar.

Proses sambal kuweni, sebutnya, kerap dilakukan sembari membakar ikan kakap. Nory bilang, memilih ikan kakap merah (Lutjanus bitaeniatus) yang memiliki daging tebal dan sisik. Pembakaran dilakukan memakai panggangan khusus di atas bara api arang kelapa. Ikan kakap yang akan dibakar, terlebih dahulu diberi perasan jeruk nipis untuk menghilangkan aroma amis.

“Ikan kakap yang dibakar bagian dalamnya akan matang setelah setengah jam siap disajikan bersama sambal kuweni,” cetusnya.

Sementara, tambahan daun singkong akan menambah sensasi saat menikmati sambal kuweni. Sajian sambal kuweni sangat tepat disantap bersama nasi hangat dan ikan kakap bakar selagi hangat. Saat nasi mengepul, daging kakap akan dicocol bersama sambal sebagai penghangat kala musim penghujan.

Anisah, pedagang sayuran dan bumbu di pasar Kangkung, Teluk Betung, menyebut mangga kuweni kerap disukai ibu rumah tangga. Permintaan mangga kuweni kerap dicari oleh sejumlah pemilik rumah makan dan warung penyedia kuliner seafood. Selain digunakan sebagai sambal, mangga yang beraroma harum itu hanya dijual dalam kondisi mentah hingga setengah matang.

“Selain bahan sambal, kuweni kerap digunakan sebagai campuran untuk pindang ikan sehingga menjadi pelengkap kelezatan kuliner,” sebutnya.

Menurutnya, kuweni kerap dibeli oleh sejumlah ibu rumah tangga bersama cabai dan bawang putih. Saat penghujan, kuliner penghangat badan dari sambal kerap menjadi pilihan bagi warga. Meski demikian, hingga pekan pertama awal tahun harga cabai merah bertengger di angka Rp80.000 per kilogram. Imbasnya, sebagian ibu rumah tangga memilih membeli cabai terbatas.

bahariBogaBuahKuwenimanggasambalSeafood
Comments (0)
Add Comment