Hujan Deras Guyur Meranti, 175 Rumah Terendam Banjir

PONTIANAK  – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Landak di awal tahun ini mengakibatkan banjir di beberapa wilayah, seperti yang terjadi di Kecamatan Meranti yang merendam 175 rumah warga yang ada di sana.

“Berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Landak banjir telah merendam tiga dusun yaitu Dusun Seladan, Dusun Seladan Gawak, dan Dusun Pelanjau,” kata Bupati Landak, dr. Karolin Margaret Natasa di Ngabang, Senin.

Sebanyak 175 rumah warga terendam banjir dengan ketinggian air 100-160 cm, dan 175 Kepala Keluarga dengan jumlah 752 orang terdampak banjir.

Dia mengatakan, sampai hari ini, banjir sudah berangsur surut dengan ketinggian air 100 cm.

“Informasi yang kita dapat telah terjadi banjir karena hujan deras sehingga mengakibatkan meluapnya Sungai Seladan,” tuturnya.

Sebagai tindak lanjut dari musibah ini, Pemerintah Kabupaten Landak telah menyalurkan bantuan logistik beras dari Bupati Landak sebanyak 500 kilogram untuk warga yang terdampak.

Berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak bahwa dalam pekan ini wilayah Kabupaten Landak  berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang/puting beliung, sehingga Bupati Karolin meminta masyarakat tetap waspada.

“Berdasarkan prakiraan cuaca dalam pekan ini, Kabupaten Landak masih mengalami hujan lebat dan berpotensi angin kencang, sehingga saya meminta masyarakat tetap waspada agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” katanya. (Ant)

BanjirbantuanberasKalbarlandakMeranti
Comments (0)
Add Comment