Ini Harapan Nakes di Kota Semarang Usai Divaksin Covid-19

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SEMARANG – Hanif Pandu Suhito menjadi salah satu tenaga kesehatan (nakes) di Kota Semarang yang mendapat kesempatan mengikuti vaksinasi Covid-19 tahap pertama.

Bagi warga Tusam Raya Banyumanik Semarang tersebut, vaksinasi tersebut tidak hanya menjadi bagian dari program pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, namun juga memberinya kepercayaan diri.

“Tidak dipungkiri, selama ini masih ada rasa was-was atau takut tertular Covid-19, meski kita selama bertugas tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan memakai masker dan jaga jarak,” paparnya, saat ditemui usai divaksin Covid-19 di kantor Dinas Kesehatan Kota (DKK) Semarang, Jumat (15/1/2021).

Hanif Pandu Suhito menunjukkan kartu vaksin Covid-19, usai mengikuti vaksinasi di kantor DKK Semarang, Jumat (15/1/2021). Foto: Arixc Ardana

Pria yang bertugas di bagian Promkes DKK Semarang tersebut berharap, setelah divaksin bisa semakin terbentengi dan tetap sehat, sehingga terus bisa memberikan layanan kepada masyarakat.

“Namun perlu diingat juga, bahwa meskipun sudah divaksin, tetap menerapkan prokes. Tetap memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. Vaksin ini menjadi bagian dari upaya untuk mendukung prokes tersebut,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Deaselia Carmelita. Wanita yang tercatat sebagai nakes Promkes DKK Semarang tersebut mengaku, awalnya cukup was-was untuk mengikuti vaksin, namun sejauh ini tidak ada penolakan atau efek samping setelah divaksin.

“Sakit hanya saat disuntik saja, setelahnya, biasa saja. Sejauh ini juga tidak ada efek samping yang muncul. Semua baik-baik saja,” terangnya.

Dirinya pun berterima kasih karena nakes, menjadi prioritas pertama mendapatkan vaksin Covid-19. Harapannya, dengan pemberian vaksin tersebut, para nakes bisa semakin terlindungi dari segi kesehatan dari paparan Covid-19.

“Mudah-mudahan dengan adanya vaksin ini, kita bisa semakin terlindungi dari Covid-19. Pelayanan kepada masyarakat juga kita berikan lebih maksimal lagi,” tandasnya.

Harapan serupa juga diungkapkan Nur Dian Rakhmawati. Dirinya juga menjadi nakes yang mendapat kesempatan mengikuti vaksinasi Covid-19 pada Jumat (15/1/2021) ini.

“Sesuai jadwal tiket vaksin yang saya terima melalui SMS blast, saya mendapat jadwal vaksinasi hari ini. Sudah dilakukan, rasanya baik-baik saja. Tidak ada keluhan apa-apa, seperti halnya disuntik pada umumnya. Demikian juga pasca-imunisasi, sejauh ini baik-baik saja,” papar wanita, yang juga menjabat sebagai Kepala Puskesmas Pandanaran Semarang tersebut.

Seperti halnya kolega yang lain, dirinya berharap dengan vaksinasi tersebut, para nakes yang selama ini menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, bisa semakin terlindungi.

“Tidak hanya nakes yang menangani langsung pasien Covid-19, namun secara keseluruhan, karena mereka juga berhadapan atau tatap muka secara langsung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Harapannya, tentu bisa semakin terlindungi,” pungkasnya.

CovidJatengNakesprioritasProkesSinovacvaksin
Comments (0)
Add Comment