Ronde Buah, Minuman Hangat Tradisional Khas Banjarnegara

Editor: Koko Triarko

BANJARNEGARA – Wedang ronde merupakan minuman tradisional yang kaya akan rempah, terutama jahe. Kandungan jahe yang banyak mengandung khasiat untuk tubuh, membuat minuman ini tetap banyak diburu masyarakat di tengah pandemi.

Salah satu penjual wedang ronde yang terkenal dan sudah melegenda di Kabupaten Banjarnegaraadalah wedang ronde Pak Sudakir, di Jalan Sutoyo, Banjarnegara.

Selain rasanya yang segar dan nikmat, warung wedang ronde ini juga menyajikan jenis yang cukup banyak. Bagi pembeli yang baru pernah datang, maka bersiap-siaplah untuk bingung memilih menu wedang ronde.

Salah satu pelanggan wedang ronde, Evi Yanti, Sabtu (9/1/2021). -Foto: Hermiana E. Effendi

“Pada umumnya, wedang ronde hanya berisi moci, kacang dan roti. Tetapi saya memberikan pilihan lain untuk isian wedang ronde, yaitu aneka jenis buah-buahan, mulai dari alpukat, semangka, melon, buah naga, durian dan lain-lain,” kata Sudakir, Sabtu (9/1/2021).

Selain wedang ronde yang berisi aneka jenis buah-buahan, Sudakir juga menyediakan wedang ronde jamur, yaitu wedang ronde murni yang berisi jahe murni dalam jumlah cukup banyak.

“Selama pandemi ini, yang banyak paling laku keras wedang ronde jahe murni tersebut, kata beberapa pembeli bisa meningkatkan imunitas tubuh,” tuturnya.

Ide untuk mencampur buah-buahan dalam kuah hangat ronde ini murni merupakan ide Sudakir, yang ingin warung rondenya memiliki ciri khas, sehingga selalu diingat orang. Ternyata hasil kreasinya sangat disukai masyarakat.

“Alhamdulilah banyak yang suka, sehingga warung ronde saya tidak pernah sepi pembeli. Meski terbilang aneh, namun ronde buah ternyata sangat digemari masyarakat, karena kesegaran buah yang berpadu dengan hangatnya kuah ronde, menyajikan sensasi rasa tersendiri,” jelasnya.

Mengawali usaha ronde pada 2000, dan awalnya ia menyajikan ronde original dan ronde buah. Seiring waktu, menu di warungnya terus bertambah. Saat ini, dalam satu hari warung rondenya bisa menjual hingga 300 porsi wedang ronde. Harga wedang ronde juga cukup terjangkau, yaitu kisaran Rp8.000 per porsi dan yang paling mahal adalah ronde durian, Rp 15.000 per porsi.

Salah satu konsumen, Evi Yanti, mengaku baru pertama kali menikmati ronde buah dan hanya ada di warung ronde Banjarnegara. Selain ronde buah, ia juga memesan ronde yang berisi jahe murni.

“Rasa jahenya sangat kuat dan menghangatkan tubuh, bagus untuk kesehatan, terlebih di tengah pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya.

banjarnegaraJatengminumanrondeWedhang
Comments (0)
Add Comment