Udinus Semarang Buat Video Pembelajaran Praktikum dan PKL

Editor: Koko Triarko

SEMARANG – Pembelajaran secara digital atau daring, menjadi pilihan saat pademi Covid-19, termasuk di tingkat perguruan tinggi, untuk mencegah potensi penyebaran Covid-19. Namun, persoalan kemudian muncul, bagaimana dengan kegiatan praktikum dan praktik kerja lapangan (PKL), yang selama ini dilakukan secara tatap muka?

“Pertanyaan ini selalu disampaikan, apalagi di Fakultas Kesehatan (FKes), selama ini banyak melakukan kegiatan praktikum atau pun PKL,” papar dosen Fakultas Kesehatan (FKes) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Retno Astuti Setijaningsih, MM., saat dihubungi di Semarang, Kamis (14/1/2021).

Menghadapi persoalan tersebut, dirinya dibantu sejumlah mahasiswa, kemudian membuat video pembelajaran terkait pembelajaran praktikum, dengan tema ‘Praktik Pendaftaran Pasien’.

“Pembuatan video ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran untuk membantu mahasiswa memahami praktik selama kelas daring berlangsung. Seharusnya, mereka ini bisa praktik secara langsung atau tatap muka, namun karena masih pandemi jadi tidak memungkinkan,” paparnya.

Retno menjelaskan, dalam video pembelajaran tersebut berisi mengenai prosedur pendaftaran pasien baru dan lama, yang akan berobat ke poliklinik, UGD, atau unit rawat inap di rumah sakit oleh petugas pendaftaran.

“Dari video ini, mahasiswa bisa mengetahui materi pembelajaran yang disampaikan, dapat mempelajarinya walaupun tidak secara tatap muka, sehingga pemahaman mereka juga lebih mudah,” terangnya.

Tidak hanya untuk media pembelajaran, video tersebut juga mampu bersaing dalam kompetisi hibah Pembuatan Video Pembelajaran Praktikum dan PKL Daring, yang digelar Asosiasi Perguruan Tinggi Rekam Medis & Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia (APTIRMIKI).

Dalam ajang yang digelar pada akhir tahun lalu, video ‘Praktik Pendaftaran Pasien’ karya tim dosen dan mahasiswa FKes Udinus tersebut, berhasil meraih juara terbaik ke tiga. Pemenang kompetisi ini juga berhak mendapatkan dana hibah dari APTIRMIKI.

Lomba yang diikuti oleh 69 institusi pendidikan seluruh Indonesia tersebut memiliki 10 kategori tema, yaitu Praktik Pendaftaran Pasien, Praktek Filing, Praktik Koding 1, 2 dan 3, Praktik Analisis Kuantitatif, Praktikum Analisis Kualitatif, Praktikum Statistik, Praktik TIK, serta Praktik Sistem Pembiayaan Kesehatan

“Capaian ini tentu menjadi cambuk semangat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama di saat pandemi Covid-19. Inovasi dan kreativitas diperlukan, untuk menambah semangat belajar mahasiswa. Terutama pada bidang praktikum dan PKL, yang terkendala tatap muka akibat pandemi,” tambahnya.

Retno mengaku, dalam pembuatan video tersebut dirinya dibantu oleh tiga mahasiswa FKes Udinus, yakni Mentaya Ayuning Ananto, Yandira Wulandari, dan Tiara Rahma.

“Apa yang kita capai ini, diharapkan juga mampu meningkatkan pengetahuan dan keilmuan mahasiswa FKes Udinus,” tegasnya.

Sementara, Dekan FKes Udinus, Dr. Guruh Fajar Shidik, M.Cs., menambahkan apa yang diraih oleh Retno Astuti Setijaningsih tersebut, menjadi motivasi bagi para dosen atau pun mahasiswa Udinus lainnya, dalam meraih prestasi.

“Saya berharap, capaian ini dapat memberi motivasi dan meningkatkan minat dosen serta mahasiswa FKes Udinus, untuk ikut serta menorehkan dan menciptakan prestasi-prestasi lainnya,” paparnya.

Tidak hanya itu, inovasi dan kreasi media pembelajaran memang diperlukan dalam upaya meningkatkan pemahaman mahasiswa atas materi perkuliahan yang diberikan.

“Di samping itu, materi yang diberikan juga tidak monoton, dengan kreativitas minat belajar juga makin meningkat,” pungkasnya.

belajarDaringJatengPKLpraktiksemarangUdinusVideo
Comments (0)
Add Comment