Ombudsman Pertanyakan Pemberian Vaksin ke Helena Lim

JAKARTA – Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya, mengagendakan pemanggilan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti, terkait pemberian vaksin kepada Helena Lim.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jakarta Raya, Teguh P Nugroho, menyebutkan pemanggilan untuk dimintai keterangan dilaksanakan secara daring dijadwalkan pukul 10.00 WIB.

“Sejauh ini, Sekretaris Dinas Kesehatan DKI sudah menyatakan oke (iya) hadir, belum ada rencana pembatalan,” kata Teguh, Rabu (17/2/2021).

Teguh menjelaskan, pihaknya mengajukan sejumlah pertanyaan terkait tata kelola vaksinasi di Jakarta sesuai Peraturan Meteri Kesehatan Nomor 84 Tahun 2020, tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Beberapa hal yang digali oleh Ombudsman dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta, yakni mulai dari proses perencanaan vaksinasi (kesiapan sarana prasarana, SDM dan sistem).

Kemudian, proses verifikasi data dan otorisasi di setiap proses untuk mengantisipasi potensi dugaan vaksin tidak diterima oleh yang berhak.

“Karena ini juga untuk perbaikan bagi tata kelola vaksinasi di Jakarta di tahap II selanjutnya,” kata Teguh.

Sebelumnya, Ombudsman Jakarta Raya telah mengirimkan undangan pemanggilan kepada Dinas Kesehatan DKI pada Senin (15/2).

Ombudsman memanggil Kadinkes DKI terkait peristiwa vaksin untuk Helena Lim, melalui mekanisme pemeriksaan atas prakarsa sendiri (own motion investigation) tanpa menunggu laporan dari masyarakat.

Menurut Teguh, pemeriksaan tersebut bukan semata-mata untuk mencari kesalahan, namun lebih ditujukan pada upaya perbaikan yang perlu dilakukan jika ada celah dalam ‘database’ dan mekanisme distribusi vaksin sesuai ketentuan.

DKIHelenalimJakartaOmbudsmanvaksin
Comments (0)
Add Comment