Perpustakaan Digital Tingkatkan Mutu Akademik dan Administrasi

JAKARTA – Mengembangkan perpustakaan digital membawa manfaat untuk dunia akademik, baik untuk murid maupun para pengajar.

Berbicara dalam konteks lembaga pendidikan Polri, Guru Besar Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Adrianus Eliasta Meliala, mengatakan, perpustakaan digital memudahkan koleksi literatur akademik dari dalam dan luar negeri terkait ilmu kepolisian dan dampingannya.

“Ini terobosan murah dan terjangkau,” kata Adrianus dalam webinar ‘Penguatan Budaya Literasi Melalui Inovasi Layanan Perpustakaan Berbasis Digital untuk Mewujudkan SDM Unggul’, Kamis (4/2/2021).

Alih-alih membeli dalam jumlah banyak untuk setiap perpustakaan, lembaga pendidikan seperti STIK bisa membeli buku lalu melakukan digitalisasi, sehingga bisa diakses secara luas dengan cara yang lebih praktis. Dana yang tadinya diperuntukkan membeli buku fisik bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain dengan adanya digitalisasi.

Anggota Ombudsman juga menjelaskan, keberadaan perpustakaan digital penting, karena karya para pelajar perlu diabadikan. Selain itu, koleksi pustaka yang tersebar di berbagai lembaga pendidikan, khususnya Polri, harus diintegrasikan.

Begitu pula dengan aktivitas penelitian di berbagai lembaga dan publikasi terkait kepolisian dan Polri yang perlu dikoleksi.

Perpustakaan digital membawa keuntungan untuk meningkatkan mutu akademik dan administrasi akademik, lanjutnya.

administrasiakademikdigitalDKIJakartaOmbudsmanperpustakaan
Comments (0)
Add Comment