Pisang Batu dan Jambu Batu, Pelengkap Kelezatan Rujak Buah

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Lorong King merupakan salah satu pusat perbelanjaan di Tanjung Karang, Bandar Lampung. Sejumlah pedagang kuliner di lorong tepi Jalan Kartini tersebut menjadi tempat bersantai menikmati sajian istimewa.

Kuliner tradisional berbahan buah segar dijual oleh Wiyono dan Murni sang istri dalam bentuk rujak buah. Berbagai jenis buah disajikan dalam bentuk rujak berbumbu sambal.

Bahan pembuatan rujak buah potong sebut Wiyono berupa nanas, jambu air, mangga, jambu batu, kedondong, loba lobi. Sebagai penambah rasa sepat renyah ia mempergunakan jambu batu atau jambu klutuk.

Jambu muda yang memiliki banyak biji tersebut jadi resep kelezatan rujak buah buatannya. Jambu batu selalu dicampurkan dalam proses pembuatan bumbu rujak potong.

Khasiat jambu batu yang dicampurkan dalam bumbu rujak buah bisa mencegah sakit perut. Terlebih rujak buah potong kerap mempergunakan cabai, kacang tanah goreng, kencur, gula merah, garam. Jambu batu muda yang telah dibersihkan akan dipotong lalu ditumbuk dengan bumbu lainnya. Setelah semua bumbu tercampur, potongan buah juga akan dicampurkan.

“Rujak buah dibuat dalam tiga varian dengan cara diserut, dibebek atau ditumbuk serta dipotong. Saya menyediakan varian rujak buah potong karena banyak diminati dengan kunci kelezatannya berasal dari buah pisang batu yang dicampurkan dalam bumbu,” terang Wiyono saat ditemui Cendana News, Sabtu (6/2/2021).

Pria asal Lumajang, Jawa Timur yang menetap di Lampung sejak belasan tahun silam itu menyebut rujak buah semakin lezat dengan tambahan pisang batu.

Salah satu petani di Lampung Selatan menyediakan sejumlah pisang salah satunya pisang batu atau klutuk, Sabtu (6/2/2021) – Foto: Henk Widi

Selain itu pisang batu bumbu rujak semakin lezat dengan tambahan asam jawa, kecombrang dan petis. Campuran bahan bumbu untuk penambah cita rasa tersebut menjadikan rujak buatannya sangat digemari.

Sehari berjualan Wiyono menyebut menyiapkan sekitar sepuluh kilogram buah berbagai jenis. Bahan rujak buah potong tersebut cukup dilengkapi dengan dua sisir buah pisang batu. Kesegaran rujak buah sebutnya mulai terasa saat jambu batu ditumbuk bersama bumbu setelah dikupas. Ia memastikan dengan adanya jambu batu pelanggan tidak khawatir sakit perut.

“Buah pisang dan jambu jadi semacam penawar untuk rasa mulas dan sakit perut yang diakibatkan mengonsumsi rujak terutama bagi kaum wanita,” cetusnya.

Murni sang istri menyebut dalam sehari bisa menjual hingga 100 porsi rujak buah potong. Penambahan bahan pisang batu pada rujak buah sebutnya menjadikan cita rasa lebih bervariasi.

Murni memotong sejumlah buah yang digunakan sebagai bahan pembuatan rujak buah, Sabtu (6/2/2021) – Foto: Henk Widi

Saat musim penghujan rujak buah dengan sambal cabai pedas berkhasiat menghangatkan badan. Rujak buah yang kerap disukai oleh kaum wanita sebutnya kini mulai digemari berbagai kalangan.

Ia menyebut sebagian pelanggan rujak buah miliknya kerap meminta untuk dibungkus. Sebab sebagian pemesan merupakan wanita hamil yang ingin menikmati sensasi asam manis rujak. Agar tidak terlalu pedas ia menyediakan sambal terpisah dengan buah agar bisa dicocol. Namun bagi pelanggan yang akan menikmati rujak buah di tempat ia menyediakan wadah piring.

“Kalau makan rujak di sini pelanggan bisa menambah buah yang disukai sesuai selera,” beber Murni.

Mulyani, salah satu penyuka rujak buah menyebut jarang menemukan kuliner rujak dengan tambahan pisang batu. Meski sepintas pisang tersebut memiliki rasa sepat campuran dengan bumbu kacang menambah kelezatan rujak buah.

Rujak buah dengan bumbu jambu batu membuatnya tidak khawatir sakit perut. Seporsi rujak buah potong bisa dinikmati olehnya dengan harga Rp15.000.

Rujak buah potong yang dilumuri sambal kacang sebutnya memiliki sensasi rasa beragam. Rasa manis, kecut dan gurih berpadu dalam satu porsi rujak buah yang diiris. Agar tetap bisa menikmati rujak buah sembari menikmati suasana lorong King ia memilih rujak buah dimasukkan dalam wadah mika.

Ia akan memilih jumlah cabai ganjil untuk menciptakan rasa pedas pada rujak buah pesanannya.

asambatuBuahjambuJawaLampungPIsangrenyahRujaksepat
Comments (0)
Add Comment