Dermaga Bom Kalianda, Spot Menyenangkan untuk Rekreasi Keluarga

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Keberadaan tempat terbuka publik untuk rekreasi jadi salah satu alternatif dikunjungi saat akhir pekan. Area amphiteater berbentuk lingkaran dengan ornamen khas Lampung jadi titik utama untuk dikunjungi. Berada di area wisata dermaga Bom atau kerap dikenal wisata kuliner Kalianda, Lampung Selatan, lokasi tersebut cukup strategis.

Heni Aprianti, warga asa Penengahan menyebut, dermaga Bom Kalianda jadi spot favorit menikmati senja. Berjarak sekitar belasan menit dari kota Kalianda lokasi itu dikenal sebagai tempat pendaratan perahu nelayan.

Setelah dibangun menjadi spot wisata, fasilitas amphiteater berfungsi untuk penampilan pertunjukan seni tari.

Bagi pengunjung keluarga, Heni Aprianti bilang amphiteater jadi lokasi favorit wisata keluarga. Sebab lokasi tersebut cukup nyaman dengan adanya payung ukuran besar, sejumlah pohon ketapang.

Pepohonan hijau berdaun lebar sebagai kanopi menjadi tempat nyaman untuk berteduh. Ia kerap memanfaatkan kenyamanan lokasi amphiteater untuk duduk bersama rekan rekannya.

“Lokasi amphiteater berbentuk lingkaran menjadi sebuah titik utama yang bisa digunakan untuk bersantai, bersosialisasi dengan rekan rekan menikmati suasana pantai terutama saat senja. Sembari mengabadikan aktivitas nelayan, menikmati kuliner bahari dan wahana permainan anak anak,” terang Heni Aprianti saat ditemui Cendana News, Minggu (28/3/2021).

Heni Aprianti bilang lokasi tersebut cukup nyaman untuk rekreasi keluarga. Sebab lokasi tersebut memiliki area yang luas dengan lapangan rumput hijau, sejumlah lampu hias.

Keberadaan area pertunjukan yang bisa dipergunakan untuk penampilan kesenian sementara tidak difungsikan saat pandemi. Namun sejumlah titik di amphiteater bisa jadi pilihan untuk bersantai keluarga.

Pecinta fotografi itu mengaku area dermaga bom, amphiteater sebutnya jadi lokasi rekreasi yang menarik. Ia bahkan kerap membuat konten video, foto menarik untuk diunggah pada media sosial. Latar belakang (background) yang indah dengan suasana pantai kerap jadi penambah keindahan foto untuk feed media sosial Instagram.

“Saya kerap membuat konten untuk akun Youtube, Tiktok dengan menggunakan lokasi amphiteater karena lokasinya menarik,” sebutnya.

Meski lokasi tetap sama namun lokasi amphiteater yang ada di dekat pantai memiliki kondisi cuaca yang berubah. Ia kerap berburu momen untuk mendapatkan foto terbaik saat matahari terbenam (sunset). Saat matahari terbenam menjadi salah satu momen untuk mendapatkan foto terbaik. Bagi pecinta fotografi, background payung, amphiteater menjadi objek foto terbaik.

Mardiman, salah satu pengunjung mencoba wahana permainan di area amphiteater dermaga Bom Kalianda, Lampung Selatan, Minggu (28/3/2021) – Foto: Henk Widi

Bagi wisata keluarga, lokasi tersebut cukup nyaman. Sebab amphiteater menjadi tempat duduk, bermain bagi anak dengan pengawasan orangtua. Sejumlah wahana bagi anak anak berupa permainan  miniatur binatang bertenaga baterai, becak mini, motor mini dan kereta mini.

Beberapa pecinta olahraga futsal, bola voli, skateboard, sepeda menggunakan amphiteater sebagai pusat kegiatan latihan, istirahat.

Susiani, salah satu orangtua mengaku mengajak dua anaknya bermain di amphiteater. Area amphiteater sebutnya cukup aman dan nyaman bagi anak anak. Sebab saat kondisi biasa tidak ada kerumunan di lokasi berbentuk lingkaran itu. Ia bisa menyenangkan anak saat rekreasi dengan menyewa wahana permainan anak anak.

“Sembari menikmati suasana pantai saya bisa momong anak memakai wahana mobil mini tenaga baterai,” cetusnya.

Hasan, salah satu penyedia jasa sewa mainan anak anak mengaku amphiteater jadi lokasi yang nyaman. Sejumlah anak anak bisa bermain pada area yang ditentukan.

Dengan biaya sewa Rp15.000 untuk waktu sekitar seperempat jam. Sejumlah permainan itu kerap digunakan untuk meningkatkan kebersamaan antara anak dan orangtua.

Selain wahana permainan binatang mini tenaga baterai, kereta mini di area dermaga Bom bisa dinikmati. Berkeliling kota Kalianda dengan titik kumpul di area amphiteater bisa digunakan untuk menyenangkan anak anak.

Beberapa wahana delman hias tenaga kuda juga kerap jadi pilihan. Ia mengaku tetap bisa mendapat penghasilan dari sektor jasa hiburan di objek wisata tersebut.

akunBomCuacadermagafotokesenianLampunglokasipandemiVideo
Comments (0)
Add Comment