Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit Terapkan Pembayaran Angsuran Sistem Tabungan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Penerapan pembayaran angsuran bulanan dengan sistem tabungan yang dijalankan Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit sebagai upaya mengatasi persoalan kredit macet di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Krambilsawit, Saptosari, Gunungkidul, mendapat sambutan positif dari warga sekaligus anggota.

Mereka menilai hal tersebut sebagai sebuah solusi nyata dalam membantu anggota/nasabah yang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19 sejak beberapa bulan terakhir, sehingga membuat mereka tak bisa membayar angsuran bulanan pinjaman koperasi.

Tak hanya itu, penerapan sistem tabungan dalam proses pembayaran angsuran bulanan ini, juga menjadi pembeda Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit dengan lembaga keuangan lainnya. Dimana pendekatan koperasi secara kekeluargaan lebih diutamakan dibandingkan cara-cara penagihan lembaga lainnya seperti dengan penyitaan dan sebagainya.

“Ya koperasi sangat bagus karena masih memberikan toleransi bagi anggota yang tidak bisa membayar angsuran bulanan. Karena kalau macet masih diampuni. Berbedalah dengan misalnya di bank,” ujar salah seorang warga sekaligus anggota koperasi yang mengalami kredit macet, Pujiem (60) warga Dusun Pringwulung, Senin (15/3/2021).

Dengan sistem tabungan itu, Pujiem juga mengaku sangat terbantu. Sebab kini ia merasa jadi lebih ringan dalam menanggung besaran angsuran bulanan yang harus ia bayarkan setiap bulannya. Dimana ia bisa menyisihkan sedikit demi sedikit penghasilannya ke koperasi tanpa harus membayar penuh angsuran per bulannya.

Membuka warung kelontong kecil-kecilan di rumahnya, Pujiem merupakan salah satu dari sekian banyak warga desa Krambilsawit yang terdampak pandemi Covid-19. Selain mengalami penurunan omzet penjualan, ia juga mengaku mengalami penurunan pendapatan hingga mencapai 50 persen lebih.

“Terus terang, selama pandemi ini kita sangat susah mencari uang. Karena pendapatan menurun drastis. Jika dulu sehari bisa dapat Rp600-700 ribu sekarang paling Rp300-400 ribu saja,” ujar wanita yang meminjam modal usaha senilai Rp2 juta dengan besaran angsuran Rp196 ribu per bulan ini.

Sebagaimana diketahui, Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri menerapkan sistem pendekatan door to door dalam melakukan proses penagihan angsuran bulanan bagi anggota koperasi yang mengalami kesulitan ekonomi selama pandemi Covid-19.

Pendekatan ini dilakukan sebagai bentuk inovasi dalam memberikan kemudahan sekaligus layanan bagi seluruh anggota. Khususnya dalam mengatasi persoalan kredit macet yang dialami hampir mayoritas anggota nasabah koperasi sebagai dampak pandemi setahun terakhir.

Untuk meringankan beban anggota, pengurus koperasi juga memberikan kesempatan bagi nasabah untuk membayar cicilan bulanan sesuai kemampuan masing-masing. Yakni dengan cara dikumpulkan atau ditabung selama satu bulan hingga memenuhi besaran nominal angsuran.

Sejak tahun 2018, Yayasan Damandiri menetapkan Desa Krambilsawit sebagai desa binaan melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari. Sebagai upaya meningkatkan perekonomian warga desa, Yayasan Damandiri menggelontorkan dana mencapai Rp2,97 miliar pada Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit.

Dana tersebut disalurkan koperasi pada seluruh anggota sebagai modal untuk memulai dan mengembangkan usaha warga. Sehingga diharapkan pendapatan dan kesejahteraan seluruh warga desa semakin meningkat.

Hingga periode tahun 2020 kemarin, Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit tercatat telah mampu memutar dan menyalurkan dana pinjaman modal usaha dari Yayasan Damandiri hingga mencapai Rp4,741 miliar. Atau berkembang sekitar 37 persen dari modal awal yang digelontorkan sebanyak Rp2,97 miliar.

Jumlah warga desa anggota koperasi penerima manfaat sekaligus pelaku UKM yang mengakses pinjaman modal usaha ini juga tercatat meningkat hingga 400 persen dari saat awal program Desa Cerdas Mandiri Lestari dicanangkan. Yakni dari 315 orang pada tahun 2018 menjadi 1.258 orang pada tahun 2020 lalu.

CerdasCovidDamandiriDesaKoperasiKrambilsawitkreditLestariMandiriModalpandemiPinjamanUsahaYayasanYogyakarta
Comments (0)
Add Comment