Peremajaan Kelapa Sawit di Bangka Tengah Capai 500 Hektare

KOBA  – Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, menjadi percontohan pelaksanaan program peremajaan kelapa sawit pekebun.

“Daerah ini menjadi percontohan untuk program tersebut, dimana kita mendapat jatah peremajaan kebun kelapa sawit pekebun seluas 500 hektare,” kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, dalam kegiatan penyerahan penanaman perdana benih kelapa sawit dalam program replanting pohon sawit di Desa Puput, Rabu.

“Ini dilakukan untuk meningkatkan produksi tandan buah segar kelapa sawit dengan melakukan pemangkasan terhadap pohon kelapa sawit yang sudah berumur tua dan dilakukan peremajaan,” ujarnya.

Menurut dia, Bangka Tengah menjadi percontohan program peremajaan kelapa sawit pekebun karena memiliki potensi baik areal kebun masyarakat maupun produksi.

“Pemprov Babel melakukan ini karena tingginya permintaan minyak kelapa sawit secara global, sementara produksi minyak kelapa sawit di Babel mengalami penurunan,” ujarnya.

Ia mengatakan, menurunnya produksi minyak kelapa sawit karena banyaknya kebun kelapa sawit masyarakat yang sudah berumur tua dan tidak produktif.

“Justru itu, peremajaan menjadi solusi untuk kembali meningkatkan produksi minyak kelapa sawit,” ujarnya. (Ant)

BabelKelapaminyakperemajaanproduksisawitsolusi
Comments (0)
Add Comment