Pulau Sekepol, Alternatif Destinasi Wisata Alam di Lamsel

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Destinasi wisata bahari jadi salah satu pilihan untuk pehobi wisata alam. Pulau Sekepol salah satu alternatif sajian pesona alam yang bisa dikunjungi saat akhir pekan.

Hasanah, wisatawan asal Bakauheni menyebut, pulau di Desa Totoharjo, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan (Lamsel) itu membuatnya dapat mengajak keluarga untuk rekreasi di objek wisata alami.

Pulau Sekepol sebutnya jadi spot destinasi wisata alam bersanding dengan pulau Mengkudu, tepat berhadapan dengan pantai Belebuk.

Akses menuju lokasi sebutnya cukup didukung infrastruktur jalan memadai. Berangkat dari pelabuhan Bakauheni menuju ke arah pantai Belebuk bisa ditempuh dalam waktu seperempat jam. Jalan beraspal dan rigid beton mudah dilintasi mobil dan motor.

Sesampainya di pantai Belebuk, area wisata itu menyediakan tempat parkir yang luas. Sejumlah warung yang dikelola oleh warga disediakan untuk melayani kebutuhan makanan dan minuman ringan.

Hasanah yang memiliki tujuan utama pulau Sekepol menjadikan pantai Belebuk sebagai lokasi transit. Ia telah memesan perahu untuk disewa.

“Saat akhir pekan wisata ke lokasi yang sunyi hanya bersama keluarga inti jadi pilihan setelah sepekan bekerja, melepas penat. Sekaligus memberi ruang untuk relasi dengan keluarga lebih intens dengan menikmati suasana alam dan pulau dengan pantai yang jernih,” terang Hasanah saat ditemui Cendana News, Minggu (28/3/2021).

Hasanah bilang telah merencanakan wisata ke pulau Sekepol beberapa hari sebelumnya. Ia telah menyediakan bekal makanan yang diolah berupa ayam goreng, sambal, sayuran, lalapan.

Beberapa lauk juga disediakan dalam kondisi mentah berupa ikan dan daging ayam. Kegiatan membakar daging ayam dan ikan akan dilakukan saat berada di pulau.

Setelah memarkirkan kendaraan, ia bisa naik perahu yang disewa. Butuh perjalanan sekitar sepuluh menit memakai perahu kasko katir bermesin.

Jarak yang cukup dekat sebutnya bahkan bisa dicapai lebih cepat saat kondisi air surut. Pulau Sekepol sebutnya memiliki pantai berpasir yang bersih, air jernih. Sang kakak bahkan telah membawa spin dan alat snorkeling.

“Ayah membawa pancing untuk mencari ikan dan kami bisa mencari lumai atau anggur laut untuk lalapan makan,” cetusnya.

Rekreasi ke pulau Sekepol sebutnya serasa berada di pulau pribadi. Pantai yang bersih menjadi tempatnya untuk mendapat hasil foto dan video menarik.

Tanpa ada suara bising dan pengunjung yang jarang membuat ia dan keluarga bisa leluasa berlibur. Ia akan menikmati suasana di pulau itu hingga sore dengan perbekalan makanan dan minuman yang cukup.

Solihin, penyedia jasa ojek perahu menyebut kunjungan ke pulau Sekepol kerap dilakukan akhir pekan. Sebagian wisatawan kerap telah memesan perahu untuk ke pulau Mengkudu dan Sekepol.

Solihin, salah satu penyedia jasa ojek perahu untuk mengakses ke Pulau Sekepol, Desa Totoharjo, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan, Minggu (28/3/2021) – Foto: Henk Widi

Biaya yang ditetapkan sebutnya mencapai Rp25.000 hingga Rp30.000. Jarak yang dekat menurutnya tetap menerapkan keselamatan dengan memakai pelampung.

“Alat keselamatan tetap dipersiapkan karena kadang cuaca berubah, selain itu jumlah penumpang dibatasi,” sebutnya.

Solihin bilang ia juga melayani jasa untuk pehobi memancing. Lokasi memancing di sekitar pulau Sekepol menurutnya cukup strategis. Sebab sejumlah spot menjadi lokasi mencari ikan simba, kakap.

Penyewa perahu untuk rekreasi memancing kerap membayar Rp300.000 hingga Rp500.000 dalam waktu sehari. Wisatawan yang akan ke pulau Sekepol kerap minta dijemput setelah menelepon.

Rahmat, ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Ragom Helau menyebut, rekreasi bahari jadi pilihan warga. Pantai dengan udara bersih dan luas cocok untuk mengisi akhir pekan.

Pulau Sekepol sebutnya bisa jadi pilihan selain pulau Mengkudu. Aktivitas wisata yang telah berjalan normal menjadi sumber penghasilan nelayan. Sebab selain mencari ikan, jasa ojek perahu bisa menjadi sumber penghasilan.

Sejumlah penyedia jasa perahu sebutnya telah dibekali dengan tata kelola wisata. Selain faktor keselamatan pada perahu, penyewa perahu wajib ramah kepada pengunjung.

Sapta pesona salah satunya adalah keramahan yang memberi kesan agar kenangan terpatri pada pengunjung.

Pulau Sekepol jadi pilihan bagi wisatawan menikmati air jernih, snorkeling, dan udara bersih.

alamayamDestinasikaskoLampungmakananPantaipasirperahuPulausayuransekepolsnorkelingwisata
Comments (0)
Add Comment