Tesda Kranji, Alternatif Wisata Baru di Purwokerto

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Taman Edukasi Sumber Daya Air (Tesda) Kranji, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas menjadi tempat wisata baru di tengah-tengah Kota Purwokerto. Aliran Sungai Kranji dipadu dengan taman yang teduh menjadikan lokasi tersebut banyak dikunjungi masyarakat sekitar, terlebih di akhir pekan seperti sekarang ini.

Tesda Kranji ini sebenarnya sudah lama dibangun, awalnya hanya sebuah taman di tengah kota saja yang letaknya tepat di tepi Sungai Kranji. Dalam perkembangannya, Pemkab Banyumas membangun jembatan baru dengan desain lengkung seperti terowongan. Dan jembatan yang diberi nama Jembatan Soekarno ini juga menjadi ikon baru Kota Purwokerto yang melengkapi keindahan Tesda Kranji.

Memasuki area tesda ini, sudah disuguhi pemandangan derasnya air yang mengelilingi lokasi tersebut. Bangku-bangku tertata rapi dan berjarak cukup jauh,  tepat di tepi aliran Sungai Kranji juga disediakan beberapa gazebo mini.

“Tadi habis bersepeda keliling kota dan berhenti di Tesda Kranji ini untuk istirahat sebentar, ternyata pemandangannya cukup bagus dan sejuk ditambah suara aliran air yang deras, suasananya jadi seperti di pedesaan, padahal di tengah kota,” kata salah satu warga Kota Purwokerto yang berkunjung ke Tesda Kranji, Denok Kurniasih, Minggu (14/3/2021).

Denok Kurniasih di Tesda Kranji, Minggu (14/3/2021). Foto: Hermiana E. Effendi.

Lokasi taman di tesda juga terdapat beberapa jalan memutar yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berolahraga berjalan kaki memutari lokasi. Dan untuk tempat favorit berswafoto masyarakat, tentu di tepi Sungai Kranji yang memperlihatkan derasnya aliran air sungai.

Hanya saja pengunjung harus berhati-hati, karena pagar pembatas di lokasi tersebut hanya setinggi 50 sentimeter saja dan di bawahnya merupakan Sungai Kranji yang cukup curam.

“Sayangnya penjual makanan dan jajanan di sini jarang, mungkin karena memang belum dibuka resmi ya, masih ada beberapa area yang dibangun di sekitar lokasi,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Asis Kusumandani mengatakan, lokasi Tesda Kranji memang sudah dibuka untuk umum dan banyak masyarakat yang berkunjung, baik di lokasi atas yaitu jembatan maupun di bawah yang berupa taman tesda.

“Hari Sabtu dan Minggu lokasi tersebut memang sudah ramai dikunjungi, silakan saja, tetapi semuanya harus tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan, terutama menggunakan masker dan menjaga jarak,” pesannya.

Sebelumnya, Bupati Banyumas, Achmad Husein mengatakan, di lokasi tersebut juga akan dilengkapi dengan area untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang diisi dengan produk-produk lokal Banyumas.

aircuramJatengjembatanKranjilokasimakananminumanSungaitaman
Comments (0)
Add Comment