Lansia di Purwakarta Mulai Jalani Vaksinasi

PURWAKARTA  – Pemerintah Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat mulai melakukan vaksinasi terhadap warga lanjut usia (lansia) sebagai upaya antisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19 di daerah tersebut.

“Pada tahap pertama vaksinasi untuk lansia ini, kami menyasar lakukan vaksinasi 430 vial. Jika dimaksimalkan satu vial bisa untuk 9 atau 10 orang,” kata Bupati setempat Anne Ratna Mustika di Purwakarta, Jumat.

Ia mengatakan, saat ini Purwakarta masuk dalam zona kuning zona kuning penyebaran COVID-19. Karena itu pihaknya menggencarkan vaksinasi ke berbagai kalangan.

Sebelumnya, vaksinasi COVID-19 sudah dilakukan untuk tenaga kesehatan, tenaga pendidik dan pelayanan publik.

Kini vaksinasi tengah dilakukan dengan menyasar warga yang masuk katagori lansia.

Menurut Bupati, jenis vaksin yang digunakan untuk lansia tersebut ialah vaksin COVID-19 jenis sinovac dan baru diterima pada 8 April 2021, sebanyak 860 vial yang dibagi untuk dua kali penyuntikan.

Dikatakannya, vaksin yang diterima itu, sekitar 60 persen digunakan untuk lansia dan sisanya 40 persen untuk tenaga pendidik atau guru.

“Kenapa kami siapkan 40 persen untuk guru? Karena kami bersiap untuk membuka kegiatan belajar mengajar secara tatap muka, sehingga perlu disiapkan guru-guru untuk divaksin,” kata dia.

Pelaksanaan vaksinasi terhadap lansia dilakukan secara bertahap. Pada Jumat ini dimulai penyuntikan vaksinasi kepada 50 orang di Taman Maya Datar Pemkab Purwakarta.

Selanjutnya, vaksinasi dilakukan di 20 Puskesmas dan rumah sakit yang telah ditunjuk untuk vaksinasi. (Ant)

JabarLansiapuskesmasvaksin
Comments (0)
Add Comment