Lezatnya Gembrot Udang Vaname Kukus

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Gembrot merupakan salah satu makanan khas tradisional masyarakat pedesaan. Hingga kini, menu lauk yang dibuat dengan campuran parutan kelapa dan rempah tersebut, pun masih lestari di Lampung Selatan.

Yohana, warga Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, menyebut jika menu gembrot dibuat dengan cara dikukus. Namun, gembrot juga bisa disajikan dengan cara dibakar dengan bara api. Ia menggunakan bahan utama udang vaname, simbukan atau dikenal dengan daun gembrot dan beragam bumbu.

Menurut Yohana, membuat gembrot udang vaname cukup mudah. Selain bahan utama udang putih atau udang vaname sebanyak seperempat kilogram, bahan lain berupa kelapa parut yang dipilih jenis kelapa setengah tua dengan ciri khas daging buah masih lemas. Cabai merah besar, bawang putih, bawang merah, kunci, cabai rawit, garam, daun simbukan, daun kemangi, penyedap rasa.

“Tahap awal, udang putih atau udang vaname dibersihkan bagian kepala dan kulit. Kelapa yang masih setengah tua diparut. Campuran bumbu cabai merah besar, cabai rawit, bawang putih, bawang merah dihaluskan. Berikutnya semua bahan bisa dicampurkan dalam baskom hingga merata. Diamkan selama beberapa menit agar bumbu meresap dalam udang vaname,” terang Yohana, saat ditemui Cendana News, Sabtu (24/4/2021).

Yohana, warga Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, saat membuat gembrot udang vaname, Sabtu (24/4/2021). -Foto: Henk Widi

Sementara itu sembari menunggu bahan yang didiamkan dalam baskom, lanjut Yohana, siapkan daun pisang kepok sebagai pengemas lengkap dengan potongan lidi sebagai penyemat untuk merapatkan semua bahan gembrot.

Yohana bilang, setelah bahan gembrot siap, tahap selanjutnya adalah pengemasan. Adonan bahan gembrot dimasukkan dalam lembaran daun pisang dengan jumlah udang rata-rata lima ekor. Agar aroma gembrot lebih wangi, jangan lupa menambahkan daun kemangi. Daun kemangi menjadi penawar aroma daun simbukan yang telah diremas bersama adonan. Semat dengan lidi pada kedua ujung kemasan.

Menurut Yohana, setengah kilogram bahan gembrot udang vaname bisa dibuat menjadi dua puluh bungkus. Ia mengaku memilih udang vaname ukuran 50 yang lebih kecil. Makin kecil ukuran udang vaname, akan makin banyak yang bisa dimasukkan dalam kemasan. Salah satu resep agar gembrot lebih lezat,  ada pada bumbu rimpang kunci.

“Bumbu yang dihaluskan dengan cara diulek memakai rimpang kunci, satu kerabat dengan jahe yang menambah cita rasa gembrot,” ulasnya.

Semua bahan gembrot yang telah dikemas memakai daun pisang kepok, disusun dalam panci kukusan. Panci kukusan yang telah diberi air selanjutnya dipanaskan memakai kompor api sedang. Butuh waktu selama setengah jam untuk mematangkan gembrot. Kematangan gembrot ditandai aroma harum yang keluar dan warna kuning udang vaname. Angkat gembrot selagi hangat dan siap disajikan.

Yohana mengaku, menu gembrot diwarisi dari sang nenek asal Blitar, Jawa Timur. Gembrot menjadi alternatif menu untuk sarapan. Ia yang tidak menjalankan ibadah puasa kerap memberikan menu gembrot kepada tetangga untuk menu berbuka dan sahur.

“Menu gembrot dengan bahan daun simbukan, juga memiliki khasiat mengurangi bau badan dan panas dalam,” katanya.

Christeva, sang keponakan mengaku menu gembrot nikmat disantap usai diangkat dari kukusan. Aroma wangi daun kemangi, campuran kelapa yang menyatu dengan udang vaname menggugah selera. Sebelumnya, udang vaname kerap hanya diolah dengan cara digoreng. Namun, menu gembrot cukup lezat. Semua bahan yang disatukan dengan parutan kelapa terasa gurih cocok disantap bersama nasi hangat.

“Agar lebih nikmat, gembrot yang baru dibuka dari bungkusnya masih mengepul uapnya disantap dengan tangan bersama nasi hangat,”cetusnya.

Menikmati gembrot dengan bahan udang vaname, sebut Christeva, menjadi varian yang berbeda. Sebab, sebelumnya sang tante kerap membuatnya dengan bahan ikan teri basah. Penggunaan bumbu rempah akan menghangatkan badan. Bahan daun simbukan, daun kemangi beraroma juga berkhasiat menghilangkan bau badan secara alami. Selain lezat, gembrot sebutnya berkhasiat kesehatan.

GembrotLampungLamselmakananTradisionalUdangvaname
Comments (0)
Add Comment