Sejuk, Kawasan Hutan Pinus Arjasari Jadi ‘Jogging Track’ Favorit

BANDUNG — Jogging atau lari santai merupakan jenis olahraga yang paling disukai banyak orang, terutama di masa pandemi seperti saat ini. Selain tak butuh modal banyak, jogging juga bisa dilakukan di mana saja, termasuk di fasilitas-fasilitas publik yang banyak disediakan.

Meskipun bisa dilakukan di mana saja, jogging tentu akan lebih baik bila dilakukan di tempat yang jauh dari polusi udara. Bagi warga Bandung dan sekitarnya bisa mencoba jogging track di kawasan hutan pinus Arjasari, Kabupaten Bandung.

Kawasan dengan jogging track sepanjang hampir 5 kilometer itu menawarkan kesejukan dan keindahan alam yang sangat cocok untuk menyegarkan pikiran serta menyehatkan tubuh.

“Saya hampir sepekan sekali rutin lari atau sekadar jalan santai di sini. Tempatnya memang sejuk dan bebas polusi. Hari Minggu paling ramai, kalau tidak terlalu suka keramaian, bisa pilih hari lain. Tempat ini buka terus setiap hari,” kata Nenden, warga Kampung Kina Sapuluh, saat ditemui di lokasi tersebut, Jumat (9/4/2021).

Nenden, warga Kampung Kina Sapuluh saat ditemui sedang berolahraga di lokasi jogging track hutan pinus Arjasari, Kabupaten Bandung, Jumat (9/4/2021). -Foto Amar Faizal Haidar

Selain sejuk dan indah, masuk ke jogging track Hutan Pinus juga tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Tempat ini sengaja disediakan oleh salah satu perusahaan developer perumahan, untuk mendukung aktivitas olah raga masyarakat sekitar.

“Meskipun ini punya perumahan, tapi masyarakat umum tetap bisa menggunakan jogging track ini tanpa harus bayar. Biasanya mulai buka jam 7 pagi sampai jam 5 sore,” ucap Nenden.

Di tempat yang sama, Nurjaman mengatakan,  sejak tahun 2015 kawasan Hutan Pinus Arjasari sudah menjadi tempat olah raga favorit masyarakat, baik masyarakat Kecamatan Arjasari, maupun masyarakat Bandung secara umum.

“Enak nya di sini karena lokasinya dekat dengan pasar. Jadi masyarakat bisa olahraga dulu, pulangnya mampir ke pasar. Banyak yang begitu,” ucapnya.

Lebih lanjut, menurut Nurjaman, olahraga adalah aktivitas wajib yang harus terus dijalankan selama masa pandemi ini. Selain dapat meningkatkan imun tubuh, olah raga juga dapat menyehatkan pikiran.

“Saya dulu jarang sekali olahraga. Tapi setelah ada corona ini, saya selalu paksakan diri buat olahraga, ga mesti yang berat, yang ringan seperti jogging juga cukup. Alhamdulillah sekarang jadi rutin dan terasa sekali manfaatnya, fisik bugar, pikiran tenang,” pungkas Nurjaman.

arjasariBandungHutan PinusJabarJogging
Comments (0)
Add Comment