DKP3 Bekasi Pastikan Keamanan Pangan Jelang Lebaran

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Bekasi, memonitor ketersediaan sapi potong, daging beku dan bahan olahan di wilayah setempat, menjelang perayaan Idulfitri 1442 Hijriah.

Monitoring digelar di beberapa titik, seperti pasar dan supermarket, Toko Tani Indonesia (TTI) dan ke PT. Dua Saudara, Selasa, (11/5/2021).

“Monitoring dilakukan untuk memastikan ketersediaan bahan pangan, juga stabilitas harga, guna menjamin daging potong yang tersedia di pasaran ASUH (aman, sehat, utuh, halal) dan memeriksa Nomor Kontrol Veteriner (NKV),”kata Abdul Iman, Kepala DKP3 Kota Bekasi.

NVK merupakan sertifikat sebagai bukti tertulis yang sah telah dipenuhinya persyaratan hygiene-sanitasi, sebagai kelayakan dasar jaminan keamanan pangan asal hewan pada unit usaha pangan asal hewan.

Pemeriksaan tersebut merupakan kerja sama antara Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan dengan Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner Kementrian Pertanian RI dan Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan, terhadap Daging dan Makanan Olahan yang terdapat di Toko Tani Indonesia yang berada di Kecamatan Jatiasih, Kecamatan Bekasi Timur dan Kecamatan Bekasi Barat.

Selain itu, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perkanan juga melaksanakan pengujian Keamanan dan Mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT).

Kegiatan dilaksanakan secara terpadu di  Pasar Bantar Gebang, Naga Swalayan Jati Asih, Pasar Pondok Gede, Hypermart Pondok Gede, Pasar Kranggan, Giant Cibubur, Pasar Wisma Asri,Superindo Teluk Pucung.

Sementara untuk harga daging sapi diketahui mulai mengalami lonjakan, Rp130 ribu per kilogram di sejumlah pasar tradisional wilayah Kota Bekasi.

“Harga daging ada kenaikan, hal ini biasa setiap menjelang Idulfitri. Karena permintaan meningkat, kenaikan harga mulai naik seminggu terakhir ini,” kata Bang Bakin, kepada Cendana News.

Pantauan di lapangan, saat ini banyak muncul pasar dadakan di wilayah Kota Bekasi, seperti terlihat di wilayah Jatimakmur membuat kerumunan terjadi.

ASUHbekasidagingDKP3IdulfitriJabarSapi
Comments (0)
Add Comment