Dodol Tomat, Kudapan Asam Manis di Hari Raya

Editor: Maha Deva

BANDUNG – Di hari raya Idul Fitri, umat muslim selalu saja menghadirkan berbagai aneka kuliner khas, yang hampir tidak bisa dijumpai selain pada momen spesial itu. Salah satu di antaranya adalah dodol tomat.

Kudapan, dengan cita rasa asam dan manis tersebut, kerap menjadi jamuan di meja makan, untuk menyambut keluarga, kerabat dan tetangga saat menjalin silaturahmi di Idulfitri.

Novita (31), warga Desa Baros, Arjasari, Kabupaten Bandung menyebut, untu membuat dodol tomat sangat mudah, termasuk dari bahan-bahan untuk membuatnya. Tomat, tepung ketan, gula pasir, dan vanili bubuk dan agar-agar, adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat dodol tomat. “Cuci tomat, pastikan hingga bersih. Kemudian parut atau blender tomat, dan buang kulitnya,” kata Novita membeberkan cara membuat dodol tomat, Sabtu (15/5/2021).

Selanjutnya, masak gula pasir, santan, vanili dan tomat sampai kental, kemudian masukkan agar-agar, secara sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk. Hingga akhirnya adonan benar-benar kental. “Apabila sudah kental dan tidak menempel pada wajan, maka matikan api. Biarkan sebentar sampai uap panasnya, hilang baru dibungkus sesuai selera ukurannya,” sambungnya.

Pengolahan dodol tomat saat lebaran, menjadi berkah bagi sebagian besar petani tomat di Arjasari. Pasalnya, harga tomat saat ini sedang jatuh. “Kalau dijual ke bandar tomat satu kilo cuma Rp2.000. Kalau dijual langsung ke warga, bisa sampai Rp5.000 per-kilo. Alhamdulillah, karena banyak yang bikin dodol tomat jadi laku nih tomat,” kata Iman, salah seorang Petani tomat di Arjasari.

Iman berharap, kreasi pengolahan tomat bisa semakin beragam, sehingga tomat tidak selalu diolah menjadi sayur. Tetapi bisa dikembangkan menjadi aneka cemilan dan kudapan. “Semakin banyak variasi olahannya, akan meningkatkan permintaan tomatnya. Jujur kalau harga jatuh begitu, bagaimana kita mau berkebun lagi, balik modal saja tidak. Semoga saja-lah bisa berkembang,” pungkas Iman.

 

arjasariBandungdodol tomatIdulfitrikudapanlebarantomat
Comments (0)
Add Comment