Es Kunyit Asam, Cara Orang Jember Menikmati Jamu

Editor: Maha Deva

JEMBER – Kunyit, identik dengan ramuan minuman yang menyehatkan. Biasa diminum dalam kondisi saat masih hangat. Namun, berbeda dengan olahan kunyit milik Murlin. Minuman kunyit yang dijual Murlin, dicampur dengan es, sehingga memunculkan sensasi segar.

Olahan minuman kunyit menggunakan es mengikuti selera masyarakat di Jember. “Saat ini minuman olahan tradisional ditengah pandemi seperti kunyit salah satunya, cukup banyak diminati masyarakat. Supaya orang lebih tertarik untuk mengkonsumsi kunyit, maka saya coba dicampur dengan es,” ujar Murlin kepada Cendana News, saat ditemui di Jalan Kalimantan, Keluraham Tegal Boto, Kecamatan Sumbersari, Jember, Sabtu (8/5/21).

Sajian minuman kunyit yang dikonsumsi hangat dengan yang dikonsumsi menggunakan es disebut Murlin, sedikit berbeda pada bahannya. Murlin memberikan bahan tambahan, agar saat disajikan aroma kunyitnya tidak terlalu menyengat. “Membuat minuman es kunyit asam bahannya lebih banyak. Biasanya bahan utamanya membuat minuman kunyit yakni, beberapa potong kunyit, garam dan gula. Sedangkan untuk olahan es kunyit tambahan bahan lain jeruk dan serai. Selain menghilangkan aroma kunyit yang menyengat, juga membuat olahan minuman kunyit semakin segar,” jelasnya.

Membua es kunyit asam, dipelajari Murlin dari tetangganya yang berprofesi sebagai pedagang jamu. “Awalnya saya sendiri sebagai pedagang es jus. Namun dirasa peminatnya menurun, saya mencoba usaha lain, seperti belajar membuat jamu dan berjualan es kunyit asam,” ungkapnya.

Di awal usaha, Murlin kerap mendapat masukan dari para pembeli. Terutama untuk persoalan rasa, sehingga minuman yang dijajakan menjadi semakin diminati banyak orang. “Sebelumnya saya lebih mengutamakan bahan kunyit dan serai lebih banyak. Tapi beberapa pembeli bilang rasanya terlalu hangat dan baunya nyengat, mereka memberikan satan agar bahan kunyit dan serainya dikurangi. Karena beberapa masukan juga menyarankan supaya anak kecil juga tertarik mengkonsumsi minuman kunyit,” tandasnya.

Penikmat es kunyit asam, sodikin mengatakan, sering meminum es kunyit. Hal itu dilakukan, karena dapat menyegarkan badan. “Yang sering saya rasakan setelah mengkonsumsi minuman kunyit, badan terasa jauh lebih segar. Dirasa memiliki manfaat buat diri sendiri, hampir rutin saya mengkinsumsi minuman es kunyit,” ucapnya.

es kunyit asamjamuJatimJember
Comments (0)
Add Comment