Loka POM Jember: Telitilah dalam Memilih Menu Buka Puasa

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

JEMBER — Bulan puasa tidak asing lagi dengan istilah takjil. Bisa didapatkan secara cuma-cuma dan bisa dengan cara membelinya. Namun yang perlu diingat, harus tetap memperhatikan aspek kesehatan.

Kepala Loka POM Jember, Dra. Any Koosbudiwati menyatakan, saat memilih takjil sebagai makanan buka puasa jangan sampai sembarangan membeli, karena dampaknya tidak baik untuk diri sendiri.

“Memilih takjil yang paling penting yaitu aspek kebersihannya, apakah di tempat penjualannya terlihat bersih atau kotor. Aspek cara penyajiaannya, terbuka atau tertutup, serta bahan dasar yang dipergunakan, alami atau menggunakan pewarna,” ujar Dra. Any Koosbudiwati kepada Cendana News, di wilayah Jalan Kartini, Kelurahan Jemberlor, Kecamatan Patrang, Jember, Senin(3/5/21).

Semarak Ramadhan dihiasi dengan pedagang di pinggir jalan yang menyediakan beragam menu berbuka puasa. Selain itu juga diisi dengan pembagian takjil oleh beberapa relawan di sekitar ruas jalan.

Any menambahkan, tidak ada larangan bagi siapapun dalam memilih menu buka puasa, dan lokasi pembeliannya dimana pun, tidak ada ketentuan bagi masyarakat.

“Akhir-akhir ini kita semua dihebohkan dengan informasi yang menyatakan seseorang keracunan akibat makanan takjil. Dalam hal itu, perlu ketelitian untuk setiap orang saat membeli menu buka puasa, seperti yang saya katakan sebelumnya,” ungkapnya.

Any mengatakan, setiap orang menginginkan dirinya dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Maka konsumsi makanan yang diinginkan harus tetap selalu dijaga kebersihannya.

Leni, Penjuak takjil mengatakan, beberapa jenis makanan yang ia jual berasal dari bahan baku yang alami. Proses memasaknya pun dilakukan di saat hari yang sama dengan selisih jarak waktu dua jam sebelum diperdagangkan kepada konsumen.

“Beberapa jenis makanan untuk menu buka puasa tentunya yang ditawarkan kepada pembeli. Bahan yang digunakan berasal dari bahan alami, seperti bubur kacang hijau, pemanisnya berasal dari gula alami. Selain itu variasi warna pada menu es buah diperoleh dari hasil warna dari buah itu sendiri.

Leni menambahkan, apabila menu dagangannya tidak habis dijual, ia lebih memilih untuk bagikan langsung kepada orang lain.

JatimJemberlebarantakjil
Comments (0)
Add Comment