Oseng Koyor Lombok Ijo, Kelezatan Menu ala Rumahan

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — Sudah bosan dengan menu opor ayam dan sambal goreng saat Lebaran? Kuliner oseng-oseng koyor lombok ijo bisa menjadi alternatif pilihan. Selain murah, cara membuatnya pun sederhana dan mudah.

“Oseng-oseng koyor lombok ijo, bisa menjadi alternatif lauk, sebagai pengganti opor ayam dan sambal goreng, yang selalu hadir menemani menu lebaran. Rasanya yang gurih sedikit pedas, dengan tekstur koyor yang empuk, juga cocok sebagai pelengkap nasi, lontong atau pun ketupat,” papar Widiyanti, warga Tembalang Semarang, saat ditemui di rumahnya, Sabtu (15/5/2021).

Dipaparkan, untuk membuat oseng-oseng koyor lombok ijo, bahan-bahan yang dibutuhkan berupa koyor atau kikil sapi, bawang merah, bawang bombay, bawang putih, gula jawa, garam, penyedap rasa dan garam.

“Jika suka petai, juga bisa ditambahkan. Cara membuatnya pun mudah, semua bumbu berupa bawang merah, putih dan bombay, yang sudah diiris tipis-tipis ditumis, bersama petai. Setelah harum, masukkan air dan koyor matang, yang sudah dimasak sebelumnya. Di tukang sayur, koyor yang sudah empuk juga ada, jadi kita tidak perlu memasaknya lagi, cukup dicuci bersih dan dipotong sesuai selera, kemudian bisa langsung diolah,” terangnya.

Widiyanti, warga Tembalang Semarang, menunjukkan perpaduan menu antara pecel dan oseng koyor lombok ijo, saat ditemui di rumahnya, Sabtu (15/5/2021). -Foto Arixc Ardana

Jangan lupa masukkan gula jawa, sedikit gula pasir, garam dan penyedap rasa. Cek rasa, jika sudah pas, tunggu hingga air berkurang setengahnya, agar bumbu benar-benar meresap.

“Jika sudah matang, bumbu meresap kedalam koyor, tandanya sudah siap dihidangkan dan dinikmati bersama menu lainnya,” tandasnya.

Dirinya menjelaskan, agar bau khas koyor tidak terlalu menyengat, pada saat dibersihkan, sebelum dimasak, pastikan sisa lemak sapi yang masih menempel dipotong dan dibuang. Tidak ikut dimasak. Selain itu, rendam sebentar koyor sapi tersebut dalam air rendaman daun jeruk wangi, yang bertujuan untuk semakin menghilangkan bau tersebut.

Sementara, salah satu keluarganya, yang juga penggemar oseng-oseng koyor sapi, Endarti, mengaku tekstur koyor yang empuk dan gurih, menjadikan menu tersebut layak untuk dicoba.

“Teksturnya lembut, kalau mengolahnya dilakukan dengan benar, juga tidak bau khas. Jadi nafsu makan juga bertambah. Apalagi ditambah lontong atau ketupat, semakin enak rasanya,” terangnya.

Tidak hanya itu, koyor sapi tersebut juga bisa dipadukan dengan menu pecel. “Jadi ada perpaduan antara pedas bumbu kacang serta aneka sayuran rebus dari pecel, dengan lembutnya koyor sapi. Rasanya dijamin enak dan patut dicoba,” pungkas Endarti.

JatengKota SemarangkulinerOseng Koyor Lombok Ijo
Comments (0)
Add Comment