Pasca-Lebaran, Kios ‘Surya Buah’ Kebanjiran Order

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

CILACAP – Hanya berselang satu hari setelah lebaran, Kios Surya Buah yang merupakan salah satu kios yang disewakan oleh Warung Cerdas Wanareja, Kabupaten Cilacap yang merupakan binaan Yayasan Damandiri, sudah kebanjiran order. Dalam satu hari, kios buah tersebut mengirimkan 7 ton beragam jenis buah untuk wilayah Cilacap bagian barat, hingga ke perbatasan Jateng-Jabar.

Pemilik Kios Surya Buah, Suryanto mengatakan, setelah lebaran kios miliknya yang selama bulan puasa berjualan kurma, kini beralih kembali berjualan buah-buahan. Dan langsung mendapatkan order buah untuk bantuan sosial dalam jumlah cukup banyak.

“Mendekati lebaran kemarin, saya sudah tidak lagi menambah stok buah kurma, karena akan kembali beralih jualan buah-buahan. Sehingga hanya menghabiskan stok kurma yang ada saja, kemudian mulai menjadi suplaier buah lagi. Alhamdulillah, langsung mendapat pemesanan buah-buahan dalam jumlah cukup banyak,” katanya, Senin (17/5/2021).

Pemesanan buah untuk bantuan sosial berupa buah pear satu truk penuh. Selain itu, Suryanto juga mendapat pemesanan buah-buahan seperti apel fuji, jeruk, anggur, kelengkeng, semangka, melon dan lainnya dari para pedagang buah di pasar-pasar.

Sebenarnya kios buah milik Suryanto masih tutup, hanya saja karena banyak pesanan yang masuk, maka ia harus berbelanja untuk memenuhi pesanan tersebut. Namun, belanjanya masih hanya sebatas untuk memenuhi pesanan saja.

“Untuk pemesanan hari pertama pasca lebaran ini nilainya total mencapai Rp 75 juta, pengirimannya menggunakan satu buah truk dan mobil pick up. Untuk pemesanan buah yang bantuan sosial sudah dikirim kemarin, hari Sabtu (15/5/2021),” tuturnya.

Suryanto sendiri sudah lama berjualan buah-buahan dan dua bulan sebelum puasa kemarin, ia mulai beralih berjualan kurma dengan menyewa salah satu kios di Warung Cerdas Wanareja. Kurma merupakan salah satu buah yang banyak dicari pembeli selama bulan Ramadan, sehingga ia menangkap peluang tersebut.

Terbukti penjualan buah kurmanya laris-manis selama bulan Ramadan hingga menjelang lebaran. Kurang lebih ada tujuh jenis kurma yang dijualnya, yaitu mulai dari Kurma Sayer, Kurma Al Amal, Kurma Golden Valeey, Kurma Khalas, Kurma Tunisia, Kurma Sukari dan Kurma Azwa. Dari jenis-jenis tersebut yang paling ramai di pasaran yaitu Kurma Golden Valley yang berasal dari Mesir.

Salah satu pelanggan kios buah Suryanto, Azam dari Kabupaten Cilacap mengatakan, selama ini ia selalu mengambil stok barang dagangan dari Kios Surya Buah, sebab kualitasnya selalu bagus, sehingga tidak mengecewakan pembeli.

“Baik kurma ataupun buah-buahan lainnya, kalau di kios buah Pak Suryanto ini kualitasnya terjamin, sehingga saya selalu mengambil dari sini,” katanya.

BuahCerdasDamandiriJatengKioskurmaramadansayerwarungYayasan
Comments (0)
Add Comment