Polisi Perketat Sejumlah Titik Deteksi Covid-19 di Lamsel

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Polres Lampung Selatan memperketat lima titik deteksi Covid-19 dalam mengantisipasi arus balik dari Sumatera tujuan Jawa. Sejumlah personel gabungan di siagakan, di antaranya petugas kesehatan untuk memastikan kesehatan masyarakat sebelum menyeberang dengan kapal.

Kapolres Lampung Selatan, AKBP Zaky Alkasar Nasution menyebutkan, Polres Lamsel sesuai arahan Polda Lampung menyebutkan, titik untuk penyediaan rapid test berada di jalan lintas Sumatera, Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), jalan arteri dan akses masuk pelabuhan.

Lokasi pemeriksaan di antaranya JTTS rest area KM 172 B, JTTS rest area KM 86 B, JTTS Rest area KM 20B, akses jalan arteri depan gerbang Tol Bakauheni Utara Desa Hatta, pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) dan pelabuhan ASDP Bakauheni

“Bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke pulau Jawa wajib membawa surat keterangan hasil rapid test antigen atau GeNose sesuai dengan mandatory check Covid-19 sebagai upaya pencegahan peningkatan kasus Covid-19 pasca libur lebaran Idul Fitri,” ungkap AKBP Zaky Alkasar Nasution di Bakauheni, Senin (17/5/2021).

Pelaku perjalanan dengan hasil positif Covid-19 wajib diisolasi pada tempat yang disediakan oleh satgas daerah. Personel kepolisian disiagakan pada sejumlah titik pengecekan bersama Satpol PP, Dinas Perhubungan, TNI dan Dinas Kesehatan.

Kapolres Lampung Selatan, AKBP Zaky Alkasar Nasution saat operasi penyekatan pemudik pada arus balik lebaran, Senin (15/5/2021). Foto: Henk Widi

Deny Yusuf, personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lamsel menyebut ikut membantu proses verifikasi dokumen. Titik dengan personel Satpol PP yang disiagakan berada di akses Jalan Lintas Sumatera dan Jalan Lintas Timur Sumatera. Pada titik pintu masuk pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) pengemudi dan kernet wajib lakukan rapid test.

“Pelabuhan BBJ jadi tempat penyeberangan kendaraan barang, tapi karena menuju pulau Jawa tetap wajib membawa surat bebas Covid-19,” cetusnya.

Pelaku perjalanan yang memakai kendaran pribadi dengan tujuan pelabuhan ASDP Bakauheni wajib membawa surat Covid-19. Sejumlah kendaraan arus balik yang tidak membawa surat bebas Covid-19 akan diputar balik.

Antisipasi pemudik saat arus balik di Lamsel yang reaktif, positif Covid-19 ruang isolasi disiapkan. Hasran Hadi, sekretaris Taruna Siaga Bencana Dinas Sosial Lamsel menyebut telah disiapkan sebanyak 10 kamar isolasi pada Wisma Atlet Kalianda.

Personel Tagana Lamsel dan unsur terkait sebut Hasran Hadi telah menyediakan ruang isolasi mandiri lengkap. Selain kamar tidur dengan kapasitas 3 orang, sejumlah peralatan kebersihan juga disiapkan. Penyiapan ruang isolasi dilakukan selama arus balik lebaran. Sebab sebagian warga Lamsel yang bepergian ke Jakarta, Banten dan Palembang tetap wajib memperlihatkan surat bebas Covid-19 usai lebaran.

arus baliklampung selatanLamselLarangan Mudik
Comments (0)
Add Comment