Sayur Putih dengan Kuah Susu, Sedap

Editor: Koko Triakro

JEMBER – Sayur putih merupakan makanan khas yang baru-baru ini populer di Kabupaten Jember. Rasanya yang sedap cocok untuk dinikmati sebagai hidangan makan saat berbuka puasa.

Zorif, mahasiswa yang berasal dari Thailand, mengatakan sayur putih dijadikan sebagai menu andalan untuk usaha yang dijalaninya saat ini. Rasanya sedap dan nikmat dengan aroma susu di dalamnya.

Menurut Zorif, sayur putih yang merupakan makanan khas di daerahnya, sebenarnya rasanya hampir sama dengan sayur lodeh yang ada di Indonesia, hanya saja jenis sayuran dan resep yang digunakan berbeda.

“Kalau di Jember, sayur putih rasanya hampir sama dengan sayur lodeh. Namun, isi dari sayuran dan bahan yang digunakan berbeda. Sedangkan tahapan pengelolaannya sama saja,” ucapnya.

Zorif saat di acara buka bersama di wilayah Jalan Jawa VIII, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari, Jember, Sabtu (1/5/2021). -Foto: Iwan Feriyanto

Sajian sayur putih dengan sayur lodeh masing-masing memiliki ciri khas sendiri. Sayur lodeh lebih identik dengan buah nangka yang masih muda, sedangkan sayur putih identik dengan tampilan udang di dalamnya.

“Lodeh biasanya identik dengan buah nangka yang masih muda dikelola menjadi bahan sayuran, sedangkan sayur putih identik dengan masakan udang dengan kuah yang diberi campuran bahan susu,” ucapnya.

Zorif menyebutkan, bahan yang digunakan untuk masakan sayur putih biasanya menggunakan udang, timun, kacang, gambas, santan, susu, daun salam, lengkuas, garam, gula, siung ,kemiri, kencur, bawang merah, bawang putih.

“Proses memasaknya pertama-tama siapkan panci, masukkan santan dan daun salam, kemudian diaduk sampai memunculkan aroma harum. Kemudian masukkan udang serta beberapa bahan lainnya, dan terakhir tuangkan susu untuk tampilan kuah yang nantinya berubah menjadi warna putih, serta tunggu hingga matang,” ungkapnya.

Sementara itu, Sulaiman, warga Jember, mengatakan pertama kali mencoba masakan sayur putih rasanya tidak asing. Lebih mirip dengan sayur lodeh yang sudah familier di masyarakat sampai saat ini.

“Untuk rasa, dari masakannya hampir mirip dengan sayur lodeh. Namun, sayur putih lebih terasa sedap karena terdapat campuran susu yang dipadukan dengan santan,” ucapnya.

JatimJemberramadanSayursusu
Comments (0)
Add Comment