Segar dan Nikmat Es Pisang Ijo di Jember

Editor: Makmun Hidayat

JEMBER — Aneka makanan dan minuman sebagai hidangan berbuka puasa bermunculan di bulan Ramadan. Salah satunya hidangan menu es pisang ijo.

Pada umumnya pisang dijadikan sebagai olahan kolak pisang, maupun disajikan dalam bentuk gorengan. Arip Sutrino, pemilik usaha es pisang ijo di Jalan Kalimantan, Kelurahan Tagalboto, Kecamatan Sumbersari, Jember mengatakan, pisang dijadikan bahan sebagai olahan es miliknya.

“Buah pisang memiliki kandungan karbohidrat, sehingga cocok dijadikan sebagai menu pembuka saat berbuka puasa pada saat perut masih kosong,” ujar Arip Sutrisno kepada Cendana News, di wilayah Jalan Kalimantan, Kelurahan Sumbersari, Jember, Sabtu (8/5/2021).

Arip Sutrisno ditemui di wilayah Jalan Kalimantan, Sabtu (8/5/2021). -Foto Iwan Feri Yanto

Menggunakan bahan dasar buah pisang, memerlukan jenis pisang tertentu. Seperti tekstur buahnya yang tidak lembek, namun lebih padat.

“Jenis pisang yang saya gunakan yakni pisang susu. Memilih jenis pisang susu, saat dikukus teksturnya akan lebih padat,” ucapnya.

Arip menambahkan, bahan yang digunakan untuk membuat olahan es pisang ijo diantaranya, pisang yang sudah dikukus, daun pandan, tepung terigu, tepung beras, gula pasir, dan santan kelapa.

“Setelah beberapa bahan yang diperlukan sudah disiapkan. Pertama kali yang harus dilakukan yakni haluskan daun pandan, kemudian diperas. Setelah itu tambahkam santan kental dan tuangkan gula pasir, tepung terigu dan tepung beras, kemudian diaduk sampai merata dan adonannya menjadi kental. Setelah adonan mengental, selimuti pisang dengan adonan yang sudah jadi,” ungkapnya.

Selain beberapa bahan yang digunakan untuk membuat olahan pisang ijo, Arip menyebutkan, siapkan peralatan dapur berupa dandang yang digunakan tempat untuk mengkukusnya.

“Proses pengkukusan adonan, diperlukan waktu sekitar 25 menit, agar teksturnya menjadi lembut. Setelah dirasa matang, sediakan wadah, potong adonan yang telah matang menjadi kecil-kecil,” tandasnya.

Arip menambahkan, untuk menambah rasa nikmat olahan pisang ijo, tambahkan beberapa bahan lainnya. Seperti sirup, susu kental dan es serut.

Priska, penikmat es pisang ijo menyatakan, dirinya kerap membeli es pisang ijo sebagai hidangan menu berbuka puasa. Olahan yang dibuat di tempat dirinya membeli rasanya cukup nikmat.

“Anak kost seperti saya agar dapat mengonsumsi menu buka puasa tentu dengan cara beli. Karena kalau masak sendiri memakan waktu dan tidak akan habis juga. Sedangkan beberapa kali saya beli es pisang ijo di sini rasanya enak, segar dan nikmat,” ucapnya.

Priska menambahkan, saat menjelang buka puasa, dirinya sering kali mengutamakan menu buka puasa yang tidak membuat terlalu kenyang. Namun setelah melaksanakan salat tarawih, dilanjutkan dengan menyantap menu nasi yang sudah disiapkan.

Es Pisang IjoJatimJemberkuliner
Comments (0)
Add Comment