Selama Arus Balik, Kemenhub Gelar Tes Antigen Gratis di 11 Lokasi Menuju Jakarta

Menurut Budi, posko tes acak ini merupakan hasil sinergi antarinstansi seperti Kementerian Kesehatan, kepolisian, dan TNI. Khusus untuk UPPKB Balonggandu, ditangani tim Ditjen Perhubungan Darat, untuk melakukan pemeriksaan acak rapid test antigen kepada pengendara sepeda motor. “Ini random check, karena setelah diinventarisasi ketersediaan alat rapid test dari Satgas COVID-19 maupun Kementerian Kesehatan harus dibagi agar merata. Walaupun dilakukan random sampling, namun kita harapkan dilakukan pemeriksaan terhadap mayoritasnya,” tambah Dirjen Budi.

Menurutnya, upaya ini adalah untuk memastikan bahwa masyarakat yang akan kembali ke Jakarta adalah orang yang sehat dan dapat melengkapi syarat perjalanan ataupun telah melakukan tes di wilayah masing-masing. “Kami memastikan 21 rest area dan juga gerbang tol utama dari Surabaya sampai Jakarta sudah kita dirikan pos seperti di Balonggandu. Dalam pos ini intinya pengujian terhadap masyarakat yang akan ke Jakarta. Kalau hasilnya positif nanti akan ada treatment khusus dan tindakan lanjutan dari Kementerian Kesehatan, tapi kalau negatif dapat melanjutkan perjalanan,” ujarnya.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IX Provinsi Jawa Barat , Denny Michels Adlan mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan di lapangan, terkait penyelenggaraan skrining COVID-19. “Konsentrasi kita untuk arus balik itu di daerah perbatasan Jawa Tengah ke Jawa Barat. Kita juga ada titik di daerah Cijolang, Banjar, namun di sana hanya pemeriksaan surat-surat dan mungkin akan ada tes GeNose di sana. Nanti, kita lihat situasinya seperti apa kalau memang bisa ditambah jumlah tes antigennya nanti kita laksanakan juga,” pungkasnya. (Ant)

 

arus balikIdulfitriJabarJakartakemenhublibur lebaranpos penyekatantes antigen gratistitik penyekatan
Comments (0)
Add Comment