Tomyam Seafood Jadi Alternatif Hidangan Lebaran

Editor: Makmun Hidayat

PURWOKERTO — Masakan opor ayam ataupun rendang sudah banyak dihidangkan saat lebaran. Sehingga sebagai alternatf hidangan yang sehat, beberapa orang memilih untuk menyajikan tomyam seafood sebagai hidangan lebaran di rumah.

Tomyam seafood tidak kalah lezat untuk menu makan siang ataupun malam. Hidangan ini terdiri dari udang, bakso, cumi-cumi serta jamur dan lain-lain. Cara membuatnya juga cukup mudah, jika enggan meracik bumbu sendiri, bumbu kemasan tomyam banyak dijual.

“Kalau di rumah orang tua biasanya pagi sarapan sudah dengan opor ayam dan rendang daging, di rumah saudara juga hidangannya tidak jauh berbeda, sehingga di rumah pilih masak tomyam seafood supaya tidak bosan,” kata Hervina, warga Sokaraja, Kabupatan Banyumas, Sabtu (15/5/2021).

Hervina, warga Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Sabtu (15/5/2021). -Foto: Hermiana E. Effendi

Bumbu tomyam seafood cukup mudah, terdiri dari batang sereh, jahe dan jeruk nipis.Sedangkan untuk bumbu yang dihaluskan terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting serta merica bubuk. Setelah halus bumbu tersebut ditumis sampai harum, kemudian masukan batang sereh dan jahe yang sudah digeprek serta perasan jeruk nipis secukupnya, sesuai dengan selera.

Setelah ditambahkan dengan garam, gula serta kaldu jamur, baru dimasukkan udang, bakso, irisan cumi serta jamur dan daun pokcay. Dalam hitungan menit, hidangan tomyam seafood sudah siap disantap.

“Banyak yang suka, karena rasanya segar dan tidak terlalu pedas, jadi anak-anak juga bisa ikut makan. Untuk menambah rasa pedas, kita buat sambal terpisah saja,” tuturnya.

Eviyanti, warga Kota Purwokerto juga memilih hidangan yang tak lazim saat lebaran. Salah satu stok bahan masakan yang disimpan adalah juga tomyam seafood. Namun, ia memilih untuk menggunakan bumbu instan yang dijual di pasaran, tinggal ditambahkan irisan bawang bombai dan perasan jeruk nipis.

“Rasanya tidak kalah lezat dengan opor ayam dan yang terpenting kandungan gizi dan proteinnya juga  banyak, karena saat lebaran kita juga membutuhkan stamina yang kuat, setelah malam sibuk masak, kemudian harus bangun pagi untuk salat Ied lanjut dengan ziarah dan bersilaturahmi ke rumah orang tua serta saudara,” katanya.

Tomyam seafood tampaknya menjadi alternatif pilihan saat siang ataupun malam untuk bersantap di hari lebaran dan mengembalikan stamina setelah melakukan aktivitas silaturahmi seharian. Protein yang terkandung dalam berbagai jenis hidangan laut ini mampu mengembalikan stamina tubuh, sehingga kita siap melakukan aktivitas kembali keesokan harinya.

BanyumasJatengkulinerlebaranPurwokertoTomyam Seafood
Comments (0)
Add Comment