Berenang, Cara Anak-anak di Pesawaran Jaga Kesehatan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Kegiatan bermain dan rekreasi tidak bisa dilepaskan dari dunia anak-anak. Berenang saat rekreasi di pantai jadi kegiatan olahraga dan rekreasi menyenangkan.

Sebastian, salah satu anak dari Desa Batu Menyan, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung menyebut berenang jadi kegiatan menyenangkan.

Lokasi pantai kelapa rapat atau Klara jadi tempat bermain dengan teman sebaya. Lokasi tersebut memiliki area dengan kondisi air yang jernih, tenang dan kedalaman yang aman bagi anak-anak.

Bagi anak di pesisir pantai Pesawaran sebutnya usai masa pembelajaran online dan kenaikan kelas, kegiatan bermain di pantai jadi pilihan. Ia bisa berlatih renang sekaligus rekreasi menyenangkan.

Sebastian menyebut berenang di pantai dilakukan saat kondisi cuaca bersahabat. Berada di dekat area brigade infanteri Marinir ia mengaku kerap melihat anggota marinir berlatih renang.

Kegiatan berenang sebutnya kerap dilakukan sebagai pengisi waktu luang. Berenang sekaligus melatih dirinya untuk menguasai sejumlah teknik renang.

“Normalnya saat sekolah kegiatan renang dilakukan bersama dengan guru olahraga namun selama belajar online kegiatan renang dilakukan bersama rekan-rekan, tugas sekolah olahraga renang bahkan bisa dikirimkan dengan cara divideokan,” terang Sebastian saat ditemui Cendana News, Jumat (25/6/2021).

Kegiatan berenang jadi pilihan sejumlah anak di pantai Ketapang, Desa Batu Menyan. Lokasi yang berada di dekat area dermaga 1 hingga 4 menuju ke pulau Pahawang sebutnya jadi area bermain dan olahraga.

Hendrawan, salah satu warga yang mengajak serta anaknya mengaku memanfaatkan area tersebut untuk berenang dan memancing. Kegiatan berenang dilakukan sembari menyelam pada area perairan yang jernih.

Kedalaman air sekitar dua meter yang jernih sebut Hendrawan cukup menyehatkan. Semenjak kegiatan pariwisata berkurang, ia menyebut kondisi perairan tersebut cukup jernih. Bagi kegiatan anak-anak, air yang bersih menjadi peluang untuk kegiatan berenang sebagai aktivitas menyenangkan.

“Berenang di pantai saat kondisi ombak tenang bisa menjadi peluang berlatih bagi anak-anak untuk melatih fisik dan kesehatan,” sebutnya.

Bermain pada area pantai juga dilakukan oleh Siti Aminah mengajak anak-anaknya. Kondisi perairan pantai yang mendukung untuk kegiatan fisik sebutnya dilakukan untuk berenang.

Kegiatan fisik dengan pendampingan orangtua bagi anak-anak sebutnya dilakukan untuk kenyamanan. Usai berenang di pantai, sang anak tetap melakukan pembilasan dengan air bersih.

Usai pembilasan dengan air bersih, tubuh sang anak dibaluri dengan minyak kayu putih. Memberi kesempatan bagi anak-anak untuk melakukan kegiatan fisik sebutnya sangat tepat.

Sebab saat pandemi Covid-19 ia menghindari kegiatan bermain di lokasi yang berpotensi terjadi kerumunan. Sebelumnya saat akhir pekan ia mengajak sang anak bermain di wahana permainan mal.

“Saat ini saya tidak mau ambil risiko bermain dengan anak di lokasi yang berpotensi kerumunan, lebih baik ke pantai untuk berenang,” ulasnya.

Mengajak anak untuk bermain di tepi pantai selain melatih fisik sebutnya menyegarkan pikiran. Udara yang bersih menjadi kesempatan untuk mendapatkan pasokan oksigen yang lebih baik.

Kegiatan berenang serta bermain di pantai sebutnya menjadi aktivitas fisik yang menyenangkan. Bagi anak-anak di sekitar pantai, kegiatan berenang juga menjadi kesempatan untuk mencari kerang.

Kearifan lokal anak pedesaan memanfaatkan sungai untuk berenang juga diakui Aldo. Bersama sejumlah anak ia berenang di dekat sungai Way Sabu, Desa Gebang, Kecamatan Padang Cermin.

Kegiatan mandi dan latihan renang dilakukan Aldo (kiri) dan anak-anak di area Sungai Way Sabu, Desa Gebang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Jumat (25/6/2021) – Foto: Henk Widi

Aliran sungai yang jernih langsung mengalir dari perbukitan menjadi tempat untuk rekreasi dan bermain.

Bagi anak-anak kegiatan renang yang dilakukan sebagai kegiatan bermain, melatih kemampuan untuk olahraga air tersebut.

AnakkerumunanLampunglokasiPantairenang
Comments (0)
Add Comment