Melepas Stres dengan Mewarnai Gambar

Editor: Maha Deva

SEMARANG – Mewarnai, ternyata tidak hanya menjadi kegiatan anak-anak. Bagi orang dewasa, kegiatan tersebut juga memiliki banyak manfaat. Tidak hanya sekedar untuk mencurahkan kreasi warna dalam sebuah bidang gambar, namun juga mampu menjadi sarana untuk melepas kepenatan.

“Kegiatan mewarnai, termasuk ke dalam terapi seni. Kegiatan ini dapat membantu dalam mengekspresikan diri, termasuk melepas kepenatan dan meredakan stres, dari kegiatan sehari-hari,” papar Lucy, salah seorang peserta kegiatan mewarnai totebag, saat ditemui di sela kegiatan di Semarang, Sabtu (19/6/2021).

Pekerja swasta tersebut mengaku, sudah berkali-kali mengikuti kegiatan mewarnai, dengan tema berbeda-beda. “Ada keseruan pastinya, kemudian fokus. Bisanya dengan mewarnai ini, pikiran kita tidak kemana-mana, tapi fokus pada warna yang kita tuangkan. Ada keasyikan tersendiri, jadi perasaan menjadi senang dan rileks,” lanjutnya.

Hal senada juga disampaikan Ahmad. Di usia yang sudah tidak lagi anak-anak, Ahmad mengaku gemar mewarnai. “Tentu di usia saya seperti sekarang, tidak hanya sekedar mewarni, namun juga berkreasi. Misalnya dengan mewarnai tote bag, yang bisa digunakan sebagai tas belanja atau lainnya,” terangnya.

Dengan kegiatan tersebut, Ahmad mengaku mendapatkan manfaat positif. “Pertama jelas melatih fokus, jadi terkadang tidak terasa waktu sudah berjalan satu- dua jam, tanpa kita sadari karena fokus. Kreasi juga terus terasah, biar tidak mudah lupa, karena kinerja otak kanan dan kiri juga terus diasah,” tandasnya.

Kepala Pusat Kependudukan Perempuan dan Perlindungan Anak (PKPPA) LPPM Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Dr Arri Handayani SPsi MSi, juga menandaskan hal senada. “Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan pakar psikolog di seluruh dunia, kegiatan mewarnai bisa membuat seseorang menjadi rileks, yang bermanfaat untuk mengurangi stres dan kegelisahan. Selain itu juga membuat lebih fokus,” terang Dosen yang juga seorang psikolog tersebut.

Mewarnai juga dapat membuka daya imajinasi, dan menghubungkan dengan kondisi psikis kita. “Ini bisa tercermin dari pemilihan warna, yang digunakan saat mewarnai hingga intensitasnya,” tambah Arri.

Metode pengurangan stres dengan mewarnai gambar tersebut, saat ini sudah banyak dicoba. “Termasuk ada buku buku mewarnai yang khusus untuk orang dewasa, yang fungsinya untuk membantu fokus dan rileks, serta melepaskan pikiran negatif melalui warna dan bentuk,” pungkasnya.

JatengMewarnaimewarnai gambarpereda penatsemarangstres
Comments (0)
Add Comment