Balado, Pilihan Olahan Daging Tanpa Santan dan Rendah Kolesterol

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

PURWOKERTO — Meskipun Hari Raya Idul Adha sudah lewat, namun masih ada yang memiliki stok daging karena belum sempat memasaknya. Bosan dengan olahan daging serba santan, balado daging bisa menjadi alternatif.

Rusmiati, warga Desa Sokaraja Kulon, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, di rumahnya, Sabtu (31/7/2021). (FOTO : Hermiana E.Effendi)

“Santan itu juga mengandung banyak lemak, sehingga jika dipadukan dengan daging, maka kadar kolesterolnya akan semakin tinggi, karena itu saya memilih memasak balado sapi tanpa santan,” kata Rusmiati, warga Desa Sokaraja Kulon, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Sabtu (31/7/2021).

Untuk membuat balado sapi caranya cukup mudah. Pertama daging direbus dalam air mendidih dengan diberi jahe dan daun salam. Setelah empuk, daging dipotong-potong sesuai selera, bisa seperti potongan rendang ataupun bisa lebih kecil lagi berbentuk dadu.

Bumbu yang dibutuhkan antara lain, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe dan garam. Bumbu tersebut dihaluskan kemudian ditumis dengan ditambahkan sereh yang digeprek dan laos serta daun salam dan daun jeruk.

“Kalau balado hampir seperti rendang, hanya tanpa santan. Jadi cabai merahnya lebih diperbanyak untuk memberikan warna merah dan rasa pedas,” jelas Rusmiati.

Setelah bumbu ditumis dan tercium bau harum, baru potongan daging dimasukkan. Kemudian ditambahkan gula jawa, garam dan kecap secukupnya, jika menyukai. Sebab, balado bisa juga dimasak tanpa kecap. Kemudian beri sedikit kuah daging sisa merebus tadi. Masak hingga bumbu dirasa meresap dan daging empuk.

“Saya menghindari masakan daging bersantan, jadi sejak kemarin masak tanpa santan terus, seperti hari ini masak balado, kemarin sempat daging dimasak rica-rica pedas, oseng mercon yang pedas dan lainnya,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Vivin, warga Perum Karen, Kecamatan Sokaraja. Menurutnya, selama ini masakan daging selalu identik dengan santan, padahal masih banyak beragam masakan daging tanpa santan.

“Jangan sampai karena mengkonsumsi daging sapi, kemudian kolesterol naik dratis, jadi kita siasati, bisa tetap makan daging sapi, tetapi dengan meminimalkan kadar kolesterol, ya dengan tidak menggunakan santan salah satunya, kemudian perbanyak jahe,” katanya.

Selain balado daging, Vivin juga menyukai semur daging serta dendeng daging. Dua jenis hidangan daging tersebut tanpa santan semua.

BanyumasJatengkuliner nusantara
Comments (0)
Add Comment