Prol Tape, Kreasi Olahan Pangan Lokal Nan Lezat

Editor: Maha Deva

SEMARANG – Siapa yang tidak tahu tape singkong? Dibuat dari singkong atau ketela pohon, yang difermentasi menggunakan ragi, makanan tersebut memiliki cita rasa manis asam yang khas.

Tidak hanya enak disantap langsung, tape singkong, juga dapat diolah menjadi berbagai macam kuliner, yang tentu saja tidak kalah lezat rasanya. Salah satu yang biasa dibuat adalah, kue prol tape singkong. “Singkong menjadi salah satu bahan pangan lokal yang banyak dijual di pasar-pasar tradisional. Singkong ini bisa diolah menjadi beragam makanan, seperti keripik, hingga tape,” papar penggemar kue prol tape, Fista Novianti, saat ditemui di rumahnya, Semarang, Sabtu (31/7/2021).

Uniknya, tape singkong bisa diolah kembali menjadi menu kuliner yang tidak kalah lezat. “Paling mudah, dibuat wedang tape. Caranya mudah, masukkan tape singkong di gelas, kemudian ditambahkan gula pasir atau gula jawa, baru diberi air panas,” terangnya.

Singkong sebagai bahan pangan lokal, mampu diolah menjadi kue prol tape, yang menggugah selera. Foto Arixc Ardana

Minuman tape singkong, paling enak dinikmati pada sore hari, sembari bersantai bersama keluarga atau teman. “Bisa juga diolah menjadi kue prol tape. Cara membuatnya relatif mudah dan cepat. Pertama ambil tape singkong, buang sumbunya, kemudian dihaluskan. Jika tidak ada blender, bisa menggunakan sendok makan. Cukup ditekan-tekan hingga halus,” jelasnya Fista.

Kemudian, tambahkan tepung terigu, gula pasir, susu cair dan telur dua butir. Campur sampai semua bahan tercampur rata. “Jangan lupa, tambahkan mentega cair, agar adonan tidak lengket dan bercampur sempurna,” papar ibu dua anak tersebut.

Semakin lezat lagi, jika adonan yang sudah dituang pada loyang diberi tambahan kismis di atasnya sebagai toping, baru kemudian dikukus hingga matang. “Kukus sekitar 30 menit. Jika adonan sudah empuk dan kenyal, tandanya sudah matang. Segera angkat dan disajikan. Bisa juga ditambahkan parutan keju diatasnya selagi masih hangat,” tambah Fista.

Penggemar kue prol lainnya, Ade Kurnianto, mengaku selama ini dirinya kerap membeli kue tersebut di toko makanan. “Sering kali saya membeli kue prol tape ini. Rasanya enak, teksturnya juga lembut. Meleleh dalam mulut,” terang suami dari Fista Novianti tersebut.

Namun kini, setelah sang istri tahu cara membuat prol tape, dirinya lebih memilih menikmati kue buatan istrinya. “Jika membuat sendiri, meski sedikit repot, namun ada kepuasan. Caranya mudah dan rasanya enak, tidak kalah dari buatan toko,” pungkasnya.

Jatengprol tapesemarangsingkongtape singkong
Comments (0)
Add Comment