Satgas Pamor di Bekasi Diminta Lebih Aktif Perbarui Data Covid-19

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, meminta Satgas Pamor terutama dari kelurahan dan puskesmas di wilayahnya lebih aktif dalam memperbarui data sebaran paparan Covid-19 dengan melakukan pemantauan kesehatan secara rutin bagi warga yang tengah menjalani isolasi mandiri, agar kondisinya diketahui membaik ataupun memburuk.

“Tidak masalah jika terus meningkat datanya. Tapi harus riil, jika ditangani dengan baik dipastikan kurun waktu tertentu pasti melandai. Lurah dan Kapus harus koordinasi dengan Dinas Kesehatan melaporkan sebaran di wilayah masing-masing,” ujar Rahmat Effendi, usai mengunjungi rumah warga yang menjalani isolasi mandiri di Kelurahan Kalibaru, Jumat (23/7/2021).

Diketahui Kelurahan Kalibaru, Medansatria, masih berstatus zona merah. Tapi saat kunjungan langsung tersebut ada beberapa warga yang menjalani Isoman telah dinyatakan negatif. Sehingga Wali Kota meminta petugas Pamor dari 4 Pilar bisa lebih aktif lagi melakukan pemeriksaan mendata dan melaporkan ke Dinas Kesehatan.

Dalam kunjungan itu juga warga di Kalibaru, mengakui selama menjalani Isoman mendapatkan obat-obatan dari Puskesmas dan Kelurahan. Tapi, saat ini telah habis, Pepen, sapaan akrabnya, langsung merespon dengan mengatakan ini menjadi peran Pamor yang ditugaskan di wilayah agar warga yang tengah menjalani Isoman merasa mendapat perhatian.

“Data jumlah paparan Covid-19 ini yang dibutuhkan untuk memperbarui laporan ke Provinsi Jawa Barat, maupun langsung ke pemerintah pusat agar data yang diserahkan terbaru,” tegasnya.

Diakuinya saat kunjungan ke warga yang menjalani isolasi mandiri ia mendapat laporan tidak adanya cek rutin dari petugas kesehatan, dalam hal inilah puskesmas maupun pantauan dari kelurahan.

“Warga yang menjalani Isoman yang dibutuhkan perhatian atau peran aktif dari empat pilar wilayah. Peran aktif Satgas Pamor di masa sekarang sangat dibutuhkan,” paparnya mengimbau warga yang sembuh dari menjalani isolasi mandiri agar menjalani swab PCR guna memastikan.

Wali Kota Bekasi melakukan home visit ke warga yang tengah menjalani Isoman. Kali ini, Rahmat Effendi, berkunjung ke rumah warga di wilayah Kelurahan Kali Baru, Medansatria, memberikan vitamin dan obat sekaligus bertanya soal pelayanan kesehatan, Jumat (23/7/2021). Foto: Muhammad Amin

Sementara di lokasi terpisah, seperti di Kelurahan Jatibening Baru, Kecamatan Pondok Gede, lurah setempat melakukan stikerisasi di rumah warga yang telah mengikuti vaksinasi. Hal itu sebagai kontrol seberapa banyak warga Jatibening Baru yang mengikuti vaksinasi.

“Pemasangan stiker di rumah warga yang telah mengikuti vaksin, sekaligus melakukan data warga yang belum mengikuti vaksin untuk diarahkan,” jelas Mulyadi Lurah Jatibening Baru.

Menurut Mulyadi kesadaran warganya untuk mengikuti vaksinasi, cukup tinggi, baik melalui program vaksinasi dari pemerintah pusat maupun pemkot Bekasi. Kelurahan pun terus melakukan sosialisasi terkait pentingnya vaksin.

Ia berharap, warga dapat membantu pemerintah dalam memerangi wabah Covid-19 di wilayahnya, melalui kedisiplinan dan kesadaran akan pentingnya protokol kesehatan dengan 5 M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

bekasiCOVID-19JabarSatgas Pamor
Comments (0)
Add Comment