Distribusi Air Bersih di Puruk Cahu Alami Gangguan

PURUK CAHU  – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Danum Pomolun milik pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, sedang berupaya mengatasi gangguan pendistribusian air bersih bagi masyarakat di Kota Puruk Cahu.

Penjabat sementara (Pjs) Direktur Utama Perumda Danun Pomolun Esliter di Puruk Cahu, Kamis, mengatakan gangguan penyaluran air bersih karena ada kerusakan mesin pompa yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Kemacetan pendistribusian beberapa hari lalu karena terbakarnya mesin pompa induk di Dirung Undai dan Dirung Karengkang yang merupakan sumber baku air kita,” tambahnya.

Dalam rangka mengatasi kondisi itu, Perumda Danum Pomolum mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Murung Raya, agar masalah kemacetan bisa segera teratasi.

Esliter mengatakan kinerja pihaknya juga ditinjau oleh sekretaris Daerah beserta Plt Kepala Dinas PUPR terkait adanya kerusakan yang terjadi pada mesin DAM induk, namun sekarang ini kondisinya sudah kembali membaik.

“Bahkan sebelum 17 Agustus 2021, kami berupaya maksimal memberikan pendistribusian secara lancar, ditambah sudah diaktifkannya pompa ren mini di jalan Ahmad Yani,” kata dia.

Menurut dia, saat ini pendistribusian air di beberapa wilayah Kota Puruk Cahu, seperti di Jalan Jenderal Sudirman atau Jalan Tjilik Riwut masih terkendala karena bergantung dengan mekanisme gravitasi yang mengakibatkan mesin pompa Perumda Danum Pomolum tidak bisa mendorong ke wilayah tersebut.

Esliter menyatakan bahwa untuk mengatasi masalah ini tidak semudah membalik telapak tangan, karena hampir semua lini dianggap seperti benang kusut yang perlu diurai, mulai dari manajemen, peralatan hingga pada pelayanan kepada konsumen.

airbersihdistribusikaltengKonsumen
Comments (0)
Add Comment