Wisata Tirta Husada Sumur Putri Bandar Lampung

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Destinasi wisata husada atau kesehatan, masih menjadi alternatif bagi sebagian masyarakat di Bandar Lampung. Misalnya, dengan mandi di pantai kala subuh di sumber air panas belerang Sumur Putri di Kelurahan Sumur Putri, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung.

Secara fisik, spot destinasi Sumur Putri berbentuk sumur sebagai lokasi pemandian. Lokasi tersebut bisa dicapai dari kota Bandar Lampung, tepatnya di sebelah kiri Jalan Raden Saleh Raja Kusuma Yudha, setelah melintasi Jalan Sumur Putri. Sebuah sumur dengan cincin pelindung dari konstruksi semen dan batu kali.

Sepintas, bentuk yang unik menyerupai belik atau cerukan mata air tidak terlalu dalam antara permukaan air dan bibir sumur.

Sopian, warga Teluk Betung Selatan, menyebut saat air ditimba menggunakan ember, airnya terasa hangat. Menurutnya, Sumur Putri masih dipercaya berkhasiat bagi kesehatan. Setiap pagi hingga sore, berdatangan pengunjung yang berniat mandi atau mengambil air sumur tersebut. Sebagian warga datang sekadar untuk membasuh muka, sebab diyakini air berkhasiat untuk awet muda. Sebagian warga memakai jerigen, botol air untuk membawa pulang air Sumur Putri.

“Secara fisik terlihat Sumur Putri ini sangat sederhana. Namun jika menengok puluhan tahun silam, sumur ini merupakan destinasi wisata sejarah karena legenda yang melekat, saat ini dengan kehangatan air yang muncul dari dalam sumur menjadi spot untuk wisata tirta husada untuk mandi,” terang Sopian, saat ditemui Cendana News, Minggu (22/8/2021).

Jembatan merah yang dipercantik dengan lampu warna warni menambah keunikan objek wisata Sumur Putri di Kelurahan Sumur Putri, Kecamatan Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung, Minggu (22/8/2021). -Foto: Henk Widi
BandarbelerangLampungSumur PutriTirta Husada
Comments (0)
Add Comment