Jasa Sewa Bunga di Maumere Mulai Kembali Bergeliat

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

MAUMERE — Setelah Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) masuk ke level II status penyebaran Covid-19, membuat pemerintah memperbolehkannya digelar pesta dengan penerapan protokol kesehatan, sehingga berbagai acara dan pesta mulai diadakan.

Penjual bunga di Kota Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, John Oriwis saat ditemui di Kelurahan Wairotang, Selasa (21/9/2021). Foto : Ebed de Rosary

“Pesta sudah mulai ada, sehingga bisnis penyewaan bunga pun mulai ramai kembali,” kata John Oriwis salah seorang penjual bunga saat ditemui di Kelurahan Wairotang, Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Selasa (21/9/2021).

John menyebutkan, untuk pesta dirinya menyiapkan bunga hidup yang ditanam di dalam pot, untuk disewakan menjadi dekorasi panggung atau dekorasi tenda dengan harga Rp15 ribu per pot.

Diakuinya, rata-rata setiap pesta, membutuhkan bunga minimal 5 pot hingga mencapai 70 pot sekaligus bila menggunakan dekorasi pelaminan konsep alam dan diletakkan di sepanjang jalan di dalam tenda.

“Sekali sewa bisa mencapai 70 pot kalau dekorasinya mengusung konsep alam dan dipergunakan juga untuk diletakkan di sepanjang jalan menuju pelaminan,” ungkapnya.

Selain pesta pernikahan beber John, kantor pemerintah maupun swasta pun sering menyewa bunga untuk dekorasi bila ada kegiatan penyambutan tamu penting dari luar daerah.

Dia pun menyiapkan tenaga untuk mengantar dan menjemput bunga-bunga tersebut termasuk memberikan saran soal penempatannya agar enak dipandang serta memilih jenis bunga yang cocok.

“Biasanya kantor-kantor swasta sering memesan untuk dekorasi kalau ada kunjungan tamu dari luar daerah atau petinggi kantor mereka. Kadang mereka memilih sendiri jenis bunga yang akan disewa,” ujarnya.

Salah seorang warga Desa Watuliwung, Thomas A. Edison menyebutkan, dirinya pun sering membuat dekorasi pelaminan dengan konsep alam sehingga dirinya pun menanam beberapa jenis bunga di pot.

Thomas mengaku memilih menanam bunga di pot-pot yang bagian luarnya dilapisi dengan kayu atau dicat menggunakan warna alam sehingga membuat dekorasi pelaminannya lebih hidup.

“Saya pasti membutuhkan bunga untuk dekorasi pelaminan atau panggung dengan konsep alam. Makanya saya juga menanam bunga dan hitungan pembayarannya satu paket dengan dekorasi,” ucapnya.

COVID-19Nusa Tenggara TimurSikka
Comments (0)
Add Comment