Banyumas Optimis Capai Target Vaksin 70 Persen di Bulan Ini

Editor: Maha Deva

PURWOKERTO – Pemerintah mentargetkan, 70 persen penduduk sudah menjalani vaksinasi, untuk memenuhi harapan herd imunity. Terkait taget yang dicanangkan pemerintah pusah tersebut, Kabupaten Banyumas optimistis, bisa mencapainya di Oktober ini.

Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono mengatakan, saat ini cakupan vaksinasi di Kabupaten Banyumas sudah sebesar 54,5 persen. Sehingga tinggal sedikit lagi, untuk bisa memenuhi target 70 persen.

Banyaknya pihak yang terlibat aktif dalam program vaksinasi COVID-19, sehingga diyakini, akan mampu memenuhi target 70 persen vaksin di Oktober ini. “Bulan ini kita optimis, bisa mencapai vaksinasi 70 persen penduduk Banyumas. Mengigat banyak yang aktif melakukan vaksinasi, mulai dari jajaran TNI, kemudian Polresta Banyumas, perguruan tinggi serta komunitas-komunitas masyarakat lainnya, sementara pemkab juga rutin menjalankan vaksinasi massal,” jelasnya, Sabtu (16/10/2021).

Wabup, yang juga merupakan ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyumas tersebut menyampaikan, PMI juga akan mendapatkan alokasi vaksin dalam jumlah cukup besar dari PMI pusat, dalam waktu dekat ini. Sehingga program vaksinasi dapat lebih masif dilakukan. “Untuk masyarakat pinggiran ataupun yang dari golongan kurang mampu dan mengalami kesulitan menjangkau lokasi vaksin, dari TNI ataupun Polri juga ada program vaksin door to door, sehingga mereka tetap bisa menjalani vaksin,” terangnya.

Sementara untuk kalangan pelajar, prosentase vaksinasi masih minim, baru-baru ini Banyumas juga mendapat vaksinasi dari Badan Intelijen Negara (BIN) Jawa Tengah, yang menitik beratkan sasaran kepada para pelajar. “Untuk pelajar tingkat SMA, kemarin sudah mendapatkan alokasi vaksin dosis kedua dari BIN Jawa Tengah, saat ini kita juga sedang meminta agar selanjutnya bisa diberikan vaksin untuk kalangan pelajar SMP sederajat,” kata Wabup.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Sadiyanto mengungkapkan, saat ini prosentase vaksin di Banyumas sudah mencapai 54,5 persen. Program vaksinasi untuk kalangan pelajar yang sempat berjalan lambat, saat ini justru sudah mencapai 57,5 persen. Cakupannya sudah lebih banyak bila dibandingkan dengan vaksinasi masyarakat umum, yang lebih awal digelar.

“Untuk vaksinasi masyarakat umum saat  ini baru mencapai 49 persen, padahal sudah dilaksanakan lebih awal, namun untuk kalangan pelajar yang baru gencar dilakukan selama satu bulan terakhir, sekarang sudah mencapai 57,6 persen,” kata Sadiyanto.

Target vaksinasi di kalangan pelajar usia 12 sampai 17 tahun sebanyak 162.999 orang. Dan saat ini sudah 93.965 orang yang menjalani vaksin. Kadinkes berpesan, sekalipun sudah banyak yang vaksin, dalam dalam kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), pelajar harus tetap menerapkan protokol kesehatan, mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan serta menjaga jarak.

BanyumascoronaCOVID-19Jatengpandemipelajarvaksinvaksinasi
Comments (0)
Add Comment