Berwisata di Kebun Rumah Dinas Bupati Banyumas

Editor: Koko Triarko

PURWOKERTO – Saat sebagian tempat wisata masih tutup karena pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), berwisata bisa dilakukan di mana saja, bahkan di kebun rumah. Seperti sudut kebun rumah dinas bupati Banyumas, yang menjadi tempat wisata sederhana bagi keluarga dan koleganya.

Selain dilengkapi kolam ikan mini yang menjadi tempat berenang angsa-angsa, kebun yang cukup luas tersebut juga disejukkan dengan berbagai macam tanaman, mulai dari tanaman hias, hingga sayur dan buah-buahan.

“Kalau pagi atau sore kita bersama anak-anak biasanya menghabiskan waktu di kebun belakang rumah.Terkadang sambil menyiram tanaman, memberi makan kelinci dan ikan atau hanya sekadar duduk-duduk saja sambil menikmati teh hangat,” kata Ibu Bupati Banyumas, Erna Husein, Minggu (17/10/2021).

Untuk sebuah kebun rumah, memang terbilang cukup lengkap. Ada dua kolam ikan dan lele berukuran besar, kemudian satu kolam ikan hias yang terletak di tengah kebun. Berbagai tanaman seperti cabai, pohon jambu air, jambu baru, mangga serta berbagai macam sayuran, membuat hijau dan sejuk sepanjang mata memanjang. Selain itu ada juga dua gazebo permanen yang dilengkapu bangku panjang dan meja.

Tak hanya itu, beberapa ekor kelinci serta angsa juga terlihat mondar-mandir, makin mempercantik suasana kebun tersebut. Jalan setapak memanjang yang membelah kebun juga melengkapi suasana wisata kebun.

Ibu Bupati Banyumas, Erna Husein di Purwokerto, Minggu (17/10/2021). -Foto: Hermiana E. Effendi

Menurut Erna Husein, berwisata sebenarnya tidak identik dengan pergi ke tempat wisata, namun lebih kepada menikmati suasana yang menyenangkan dan menyegarkan pikiran. Meskipun mengunjungi tempat wisata yang bagus, namun jika tidak bisa menikmati suasana, maka makna berwisata menjadi hilang.

“Jadi, wisata sederhana di kebun belakang rumah sudah cukup mewakili berwisata, sepanjang kita benar-benar bisa menikmati suasana dan merasa terhibur, pikiran menjadi segar,” tuturnya.

Dua buah kolam ikan yang berukuran besar, memang dipergunakan untuk memelihara ikan lele serta ikan jenis lainnya. Seringkali ikan-ikan tersebut juga diambil untuk dimasak.

Kebun di bagian belakang rumah dinas bupati Banyumas tersebut, ternyata tak hanya menjadi tempat wisata keluarga saja. Beberapa kolega bupati maupun ibu bupati juga kerap datang dan bersantai di kebun tersebut. Tak jarang pula mereka datang dengan membawa anak-anaknya.

Salah satu kolega bupati Banyumas, Dika, mengatakan saat berkunjung ia membawa anaknya yang masih kecil dan terlihat sangat senang bermain di kebun.

“Pokoknya rasanya seperti berwisata di tempat wisata, anak bermain mengejar-kejar kelinci di kebun, kemudian ada juga sekelompok angsa yang mandi di kolam, belum lagi buah-buahan yang bisa langsung dipetik dari pohonnya dan langsung dinikmati,” ucapnya.

BanyumasbupatiJatengkebun
Comments (0)
Add Comment