Gurih Sedap Nasi Kebuli Ayam dengan Bumbu Rempah

Editor: Makmun Hidayat

PURWOKERTO — Nasi kebuli biasanya identik daging kambing, namun di Kota Purwokerto, juga tersedia nasi kebuli ayam bakar yang tidak kalah gurih dan sedapnya dengan nasi kebuli kambing. Nasi kebuli ayam banyak dicari oleh konsumen yang tidak mengkonsumsi daging kambing.

Salah satu penjual nasi kebuli ayam dan nasi kebuli kambing adalah warung sate di Jalan Prof M Yamin, Kecamatan Purwokerto Selatan. Sajian nasi kebuli tersebut ada yang dibuat prasmanan untuk beberapa orang dengan ditempatkan pada tampah atau wadah berbentuk bulat terbuat dari bambu dan ada juga yang dijual per porsi.

Salah satu penggemar nasi kebuli, Lilik Darmawan mengatakan, nasi kebuli itu sehat dan mempunyai cita rasa khas tersendiri. Bahkan sekalipun hanya dimakan nasi dengan kerupuk saja sudah nikmat, karena dalam memasak nasi kebuli sudah disertai aneka bumbu rempah.

“Saya suka nasi kebuli, tetapi saya tidak makan daging kambing, sehingga lebih suka nasi kebuli dengan ayam saja,” tuturnya, Sabtu (23/10/2021).

Pengemar nasi kebuli, Lilik Darmawan di Purwokerto, Sabtu (23/10/2021). -Foto: Hermiana E. Effendi

Menurutnya, aroma nasi kebuli sudah mengundang selera makan. Bercampur antara aroma kayu manis, cengkih serta bumbu rempah lainnya. Dan beras yang digunakan, juga selalu beras berkualitas.

Sementara itu, Anjar, warga Kota Purwokerto yang juga punya hobi memasak nasi kebuli mengatakan, meskipun sedikit ribet, namun sebenarnya cukup mudah untuk memasaknya. Sebab, jika membeli satu porsi nasi kebuli harganya sampai dua kali lipat nasi putih biasa.

“Memasaknya mudah dan bumbunya meskipun beragam, tetapi mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional, jadi lebih suka untuk memasak sendiri,” katanya.

Terkait memasak nasi kebuli ini, Anjar memberikan tips. Pertama pilih beras berkualitas. Yaitu beras yang pulen, seperti jenis rojolele, pandan wangi atau menthik wangi. Sebelum dimasak, beras dicuci bersih dan direndam selama kurang lebih 1 jam.

Selanjutnya untuk bumbu yang dihaluskan terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar, merica bubuk, pala, jinten dan garam. Sedangkan bumbu rempah lainnya yang disiapkan antara lain cengkeh, kapulaga, kayu manis, serai serta minyak samin dan mentega.

“Pertama beras yang sudah direndam 1 jam tersebut kemudian dikukus hingga setengah matang, setelah itu tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan menggunakna minyak samin dan mentega, masukan juga rempah lainnya, untuk cengkeh sekitar 5 butir, kapulaga juga 5 biji dan kayu manis sekitar 5 centimeter saja serta serao 2 batan,” jelasnya.

Lalu masukan beras, aduk rata dan kemudian diberi kaldu, bisa kaldu ayam bagi yang tidak suka daging kambing atau bisa juga kaldu daging kambing. Kemudian masak hingga air kaldu tersebut habis terserap oleh beras. Setelah itu baru dikukus selama kurang lebih 30 menit.

Menurut Anjar, perlunya beras direndam adalah supaya tekstur beras menjadi lebih besar, karena nasi kebuli dikenal dengan ukuran nasi yang panjang-panjang.

Bumbu RempahNasi Kebuli AyamPurwokerto
Comments (0)
Add Comment