Hujan Deras Melanda Kota Bandung, Empat Pohon Tumbang

BANDUNG – Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar) mencatat, empat pohon tumbang terjadi di sejumlah wilayah, usai hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah tersebut.

Kepala UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon DPKP3 Kota Bandung, Roslina mengatakan, petugas DPKP3 dan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana, telah menangani kejadian pohon tumbang itu dengan mengevakuasi supaya tak mengganggu sarana publik. “Petugas dibagi beberapa grup, kalau grup B itu menangani pohon tumbang di Gedebage,” kata dia, Kamis (21/10/2021).

Empat titik pohon tumbang adalah di kawasan Cimencrang, Kecamatan Gedebage, Jalan Arcamanik, Jalan Palasari, dan Jalan Ir H Djuanda (Dago). “Kalau yang pohon tumbang di Dago itu ditangani warga setempat,” jelasnya.

Beberapa pohon yang tumbang itu diketahui menimpa sejumlah kendaraan warga. Roslina menyebut, dinasnya memiliki tugas untuk membantu menangani kerugian yang dialami. “Jadi itu bukan dibiayai oleh asuransi, tapi ada santunan,” katanya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung menyatakan, wilayah Bandung Raya mulai memasuki musim hujan sejak pertengahan Oktober 2021. Musim hujan yang terjadi saat ini diperkirakan menyebabkan cuaca ekstrem, hingga berpotensi menimbulkan sejumlah bencana, antara lain angin kencang, banjir bandang, dan longsor. Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat agar lebih siaga sejak dini. (Ant)

 

Angin KencangBencanabencana hidrometrologiBMKGBPBDhujan derasJabarKota BandungPohon Tumbang
Comments (0)
Add Comment