Kebakaran Lahan Gambut di Aceh Barat Mencapai 2,2 hektare

MEULABOH – Lahan gambut yang terbakar di dua lokasi berbeda di Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan dan Desa Peunaga Cut, Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat, hingga Rabu (13/10/2021) malam bertambah menjadi 2,2 hektare.

Sehari sebelumnya, luas lahan yang terbakar di kedua daerah tersebut hanya 2 hektare. Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat, Mashuri mengatakan, upaya pemadaman di lokasi kebakaran masih terus dilakukan petugas. “Kami masih berupaya memadamkan api, namun karena tiupan angin, upaya pemadaman ikut terkendala,” kata Mashuri, di Meulaboh Aceh Barat, Rabu (13/10/2021) malam.

Luas lahan yang terbakar di Desa Peunaga Cut, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat diperkirakan telah mencapai 1,7 hektare, dari sebelumnya 1,5 hektare. Sedangkan di titik kedua yakni di Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat mencapai 0,5 hektare.

Mashuri mengatakan, penyebab meluasnya lahan gambut yang terbakar di Aceh Barat karena faktor tiupan angin kencang di lokasi kebakaran. Hal itu menyebabkan jilatan api dengan cepat merambat ke lahan lainnya.

Bahkan, api sempat mendekati salah satu rumah warga, sehingga hal itu membuat masyarakat panik. “Sampai malam hari ini api masih terlihat beberapa titik, namun upaya pemadaman dihentikan menjelang malam hari, dan akan dilanjutkan pada pagi hari,” tandas Mashuri. (Ant)

#KarhutlaAcehaceh baratAnginBPBDKebakaran Lahankemaraulagan gambutmanggala agni
Comments (0)
Add Comment