Manisnya Kue Sagon Khas Betawi di Bekasi yang Legendaris

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Kue Sagon, salah satu cemilan yang identik dengan hari raya di Bekasi masih dilestarikan sebagai salah satu ciri khas di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Cemilan tempo dulu ini ternyata masih kerap ditemui di rumah orang Betawi Bekasi, meskipun bukan hari raya idulfitri atau hari besar lainnya. Kue Sagon menjadi sajian saat kumpul bersama keluarga atau komunitas Betawi.

“Sekarang banyak yang produksi ibu-ibu rumah tangga, sebagai buah tangan saat ke Bekasi. Bahkan bisa dipesan melalui online, tapi dengan berbagai brand sesuai keinginan pembuat. Sekarang tidak seperti dulu, menunggu saat hari raya untuk menikmati kue Sagon,”papar Edi, warga Tambun Selatan, kepada Cendana News, Sabtu (16/10/2021).

Dikatakan, kue sagon terbuat dari tepung beras ketan. Cara pembuatannya, disangrai terlebih dahulu untuk membuat bahan dasarnya. Setelah itu, Kue Sagon akan dicampurkan dengan kelapa parut yang memberikan cita rasa gurih bercampur manis.

Edi, salah satu pembuat kue Sagon di wilayah Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (16/10/2021). –Foto: M Amin

Kue Sagon bagi masyarakat Betawi identik dengan hari raya lebaran dan perayaan-perayaan lain sebagai sajian, di samping kue tradisional lainnya. Kue sagon merupakan kue kering, sehingga meski disimpan bisa bertahan lama asal tidak dianginkan.

“Kue ini mempunyai cita rasa yang manis dengan aroma harum. Keberadaan kue sagon sebetulnya tidak diketahui kapan dan di mana untuk pertama kalinya. Pastinya orang Betawi menganggap kue ini khas Betawi, meskipun di daerah lain pun ada dengan sebutan berbeda,” tukasnya.

Saat ini, banyak kreasi kue Sagon, tak lagi hanya berbentuk pipih dan bulat. Tapi ada yang tebal dan satuan, hingga tak jarang juga kerap disebut kue satu karena menyerupai angka satu yang biasanya dinikmati bersama kopi atau teh.

Ajat, salah satu penggemar kue Sagon, mengakui untuk wilayah Cibitung banyak yang telah memproduksi untuk dititipkan di warung sebagai oleh-oleh khas Betawi. Harganya pun relatif terjangkau.

“Kue Sagon ini adalah kue legendaris tempo dulu sebagai salah satu kue favorit saat perayaan idulfitri. Orang zaman dulu pasti kenal kue sagon, sebelum hadir kue kekinian dengan beragam nama ini,” jelas Ajat.

bekasiBetawiJabarKue SagonkulinerTradisional
Comments (0)
Add Comment