Pelaku Usaha Kecil Pilih Lokasi Strategis Peroleh Keuntungan

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Berbagai cara dilakukan sejumlah pelaku usaha kecil untuk meningkatkan omzet penjualan. Harsono, salah satu pedagang bakso ikan di Kelurahan Panjang Utara, Kecamatan Panjang, Kota Bandar Lampung menyebut memilih lokasi strategis.

Menurut Harsono lokasi strategis merupakan modal tak ternilai dalam menjalankan usaha. Lokasi strategis berjualan sebut Harsono berada di dekat tugu Kerukunan Umat Beragama, Panjang. Lokasi tersebut merupakan area dekat pasar, berada di jalur lintas Panjang menuju Lampung Selatan dan sebaliknya.

Menggunakan gerobak dorong, ia menjual bakso ikan tuna untuk konsumen di dekat pasar Panjang. Selain lokasi strategis, sejumlah sekolah yang mulai menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) berimbas penjualan meningkat.

Harsono menyebut berjualan saat pagi di lokasi strategis dilakukan hingga siang. Saat sore ia mencari lokasi strategis dekat pelabuhan Panjang menyasar konsumen pekerja pelabuhan. Menjual bakso ikan perporsi seharga Rp5.000 ia mendapat omzet sekitar Rp500.000 per hari. Menggunakan gerobak dorong sebutnya memudahkan ia bisa menjangkau sejumlah lokasi termasuk permukiman warga.

“Setelah berjualan di tugu Kerukunan Umat Beragama saya kerap berjualan dekat sekolah karena banyak pelajar yang mulai melakukan pembelajaran tatap muka terjadwal, setelah itu saya bisa memilih lokasi lain yang strategis karena berjualan bakso ikan memakai gerobak lebih fleksibel,” terang Harsono saat ditemui Cendana News, Selasa (19/10/2021).

Lokasi berjualan di area Tugu Kerukunan Umat sebutnya juga menjadi tempat peruntungan pedagang kuliner lain. Sejumlah pedagang kuliner menjual martabak telor, bakso aci, sate ayam hingga mi ayam. Alternatif sejumlah usaha kuliner pada satu lokasi memberi konsumen kesempatan bisa memilih. Berbagai usaha kuliner menjual produk berbeda meski berada pada satu lokasi.

Bandar LampungLampunglampung selatanpelaku usaha
Comments (0)
Add Comment