Percepat Pemerintahan Digital, Kominfo Latih ASN Keterampilan Digital

JAKARTA  – Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan empat pemerintah daerah  melatih Aparatur Sipil Negara demi mempercepat pemerintahan digital.

“Pelatihan itu ditujukan agar ASN meningkatkan kompetensi dalam mendukung akselerasi transformasi digital di instansi pemerintahan atau di unit kerja mereka masing-masing. Apalagi dalam masa pandemi ini, di mana yang tadinya kita tidak bisa ketemu, tetapi dengan menggunakan teknologi digital bisa menambah kegiatan sehingga lebih efisien dan efektif,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kominfo, Hary Budiarto, dalam keterangan pers, dikutip Rabu.

Pelatihan keterampilan digital Government Transformation Academy diadakan di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Barat (Mamuju), Jawa Timur (Kabupaten Jember) dan Kalimantan Tengah.

Dalam pelatihan ini, ASN dibekali kecakapan digital agar bisa melakukan pelayanan publik dengan baik di masa pandemi sekaligus mempercepat pemerintahan digital.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah menjadi mitra Kominfo dalam menyelenggarakan Government Transformation Academy, yang dinilai tepat karena memiliki tanggung jawab dalam pengembangan ASN di wilayah tersebut.

“Kalau di daerah kita tidak bisa melakukan sendiri, maka mitra kita yang paling tepat adalah BPSDMD karena bertanggung jawab langsung terhadap pengembangan SDM. Pelatihan yang diberikan Kominfo tidak hanya GTA saja, ada juga yang diperuntukkan bagi masyarakat. Jadi, kerjasama antara Pusdiklat Kementerian Kominfo dan BPSDM yang ada di daerah itu sudah tepat,” kata Hary.

ASNdigitalJakartaKominfopemerintahan
Comments (0)
Add Comment