Tumis Tahu Bumbu Pedas dengan Kacang Panjang, Kesukaan Warga Bandung

BANDUNG – Bersama tempe, tahu merupakan makanan legendaris di Indonesia. Hampir setiap lidah masyarakat, akrab dengan makanan berbahan dasar kedelai tersebut. Tak heran, jika ia memiliki begitu banyak variasi olahan, termasuk tumis tahu bumbu pedas dengan kacang panjang.

Elin Fadhilah (32), Ibu rumah tangga asal desa Lebak Wangi, kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat mengatakan, kombinasi tahu dan kacang panjang dengan baluran bumbu pedas, rasanya sangat nikmat. Apalagi jika disantap bersama nasi panas. “Kesukaan keluarga saya ini. Buat ibu-ibu kalau masakan kita habis pasti puas banget, nah setiap saya masak tumis tahu kacang panjang selalu habis, jadi seneng,” ujar Elin kepada Cendana News, Sabtu (16/10/2021).

Menurut Elin, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tumis tahu ini antara lain, tahu kuning, kacang panjang, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, tomat, garam, penyedap rasa, dan gula pasir. “Proses pertama kita potong dulu tahu menjadi kotak-kota kecil. Potong juga kacang panjangnya kecil-kecil. Terus tumis bawang merah, bawang putih yang sudah diiris sampai harum dan agak setengah kering,” kata Elin.

Elin Fadhilah (32), Ibu rumah tangga asal desa Lebak Wangi, kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/10/2021) – Foto Amar Faizal Haidar

Selanjutnya, masukan tahu, tumis sebentar, lalu masukkan cabai dan kacang panjang, dan semua bahan bumbu sesuai rasa. Aduk sampai merata dan koreksi rasanya. “Kalau kira-kira sudah pas rasanya, dan kacang panjangnya sudah kelihatan layu, berarti udah masak, tinggal angkat, terus sajikan,” ungkap Elin.

Iwan, sang suami menyebut, sangat menyukai tumis tahu bumbu pedas dengan kacang panjang. Sayangnya, kata Iwan, kuliner tersebut tidak sering disajikan oleh sang istri. “Mungkin karena jarang-jarang bikin begini, jadi kita yang makannya nggak gampang bosan. Tapi ini memang enak, gurihnya terasa, terus karena memang saya suka pedas, jadi nafsu makan tuh meningkat kalau ada makanan ini,” tutur Iwan.

Selain itu, tumis tahu ini akan terasa lebih nikmat, jika disandingkan dengan ikan asin dan nasi panas. Menurutnya, dijamin bikin ketagihan. “Cobain dengan ikan asin, wah pokoknya mantap sudah. Kalau habis kerja, capek, terus lihat ada hidangan begini, wah langsung hilang capeknya,” pungkas Iwan.

BandungJabarTumistumis tahu bumbu pedas
Comments (0)
Add Comment