Udang Putih Bahan Kelezatan Kuliner Tradisional Pelas dan Bakwan

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Akhir pekan jadi waktu tepat untuk berkreasi memakai bahan hasil tambak. Udang putih atau vaname jadi salah satu bahan pembuatan kuliner tradisional jenis pelas dan bakwan nan lezat.

Ari Wandriasari, warga Bandar Lampung yang pulang ke kampung memilih berkreasi dengan udang vaname. Ia membuat pelas atau bothok saat pulang ke Pasuruan, Penengahan, Lampung Selatan.

Bahan dasar pembuatan pelas sebut Ari Wandriasari berupa udang putih. Sejumlah bahan yang digunakan untuk bumbu berupa cabai rawit, kencur, garam, gula putih, penyedap rasa, kemangi dan kelapa parut. Agar pelas memiliki rasa gurih ia memilih kelapa yang mendekati tua agar parutan lebih lunak. Udang putih yang akan digunakan dibersihkan bagian kulit luar dan diperciki air jeruk nipis.

Bahan yang digunakan sebut Ari Wandriasari untuk membungkus atau mengemas jenis daun pisang kepok. Setelah bahan udang putih dibersihkan, tahap selanjutnya campurkan bahan parutan kelapa dengan bumbu. Proses pencampuran bumbu dilakukan dengan pemberian garam, diaduk merata dengan parutan kelapa. Tahap selanjutnya tambahkan gula, penyedap rasa, kemangi .

“Semua bahan yang telah tercampur bisa dikoreksi rasanya dengan mencicipi jika masih kurang gurih bisa ditambahkan penyedap rasa dan gula, tahap selanjutnya masukkan dalam sendok ke dalam kemasan daun pisang lalu disemat memakai lidi,” terang Ari Wandriasari saat ditemui Cendana News, Sabtu (30/10/2021).

Ari Wandriasari, membuat pelas atau bothok udang putih atau vaname di Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, Sabtu (30/10/2021). -Foto Hnek Widi
bothokkuliner tradisionalLampunglampung selatanpelasudang putih
Comments (0)
Add Comment