25 Masjid Musala di Pesantunan-Brebes Terima Bantuan Perbaikan

Editor: Koko Triarko

BREBES – Yayasan Damandiri melalui KUD Berkah Damandiri Pesantunan memberikan bantuan sosial berupa perbaikan fasilitas tempat ibadah masjid dan musala di wilayah desa Pesantuan, kecamatan Wanasari, Brebes, Jawa Tengah.

Manajer Umum KUD Berkah Damandiri Pesantunan, Slamet Abdurokhman, mengatakan total terdapat 25 unit masjid dan musala yang direnovasi, khususnya pada bagian toilet dan fasilitas tempat wudhu. Renovasi atau perbaikan ini dilakukan dengan memanfaatkan dana bantuan Yayasan Damandiri yang mencapai Rp49.970.000.

“Ada dua masjid dan 23 musala yang direnovasi, yakni berupa pemperbaikan tempat wudhu dan toilet yang mengalami kerusakan, seperti keran air, lantai, dinding, pintu dan lainnya,” ungkapnya.

Menurut Slamet, selama ini kondisi sejumlah tempat wudhu dan toilet masjid dan musala di desa Pesantunan pada umumnya kurang baik. Minimnya perawatan, diketahui menjadi salah satu faktor yang menyebabkan sejumlah kerusakan pada tempat wudhu damn toilet tersebut.

“Tak jarang tempat wudhu dan wc masjid dan musala di sini kotor, penuh kerak membatu, sehingga sulit dibersihkan. Hal tersebut disebabkan warga biasa menggunakan air sumur yang banyak mengandung unsur besi dan garam, sehingga cepat terjadi pengerakan di area dinding dan lantai tempat wudhu dan toilet. Ditambah lagi, keran air yang bocor juga menyebabkan tetesan air  menyebabkan kerak di bagian dinding dan lantai,” katanya.

Diajukan sekitar akhir Oktober 2021 dan direalisasikan pada 4 November 2021 lalu, Program Bantuan Sosial berupa renovasi tempat wudhu dan toilet masjid dan musala d Pesantunan, dikerjakan selama 13 hari, dan selesai pada 16 November 2021.

Kondisi kamar mandi dan tempat wudhu salah satu masjid penerima program Bantuan Sosial Perbaikan Tempat Wudhu dan Toilet di desa Pesantunan, Wanasari, Brebes, Jawa Tengah, sebelum direnovasi. –Ist.

“Saat pengerjaan, kita sempat terkendala dalam membersihkan kerak yang membandel dan sudah menempel lama pada dinding dan lantai tempat wudhu atau toilet, sehingga harus menggunakan alat gerinda untuk memoles keramik dinding dan lantainya, serta harus  menggunakan cairan kimia HCL 32 persen,” ungkapnya.

Meski begitu, alhamdulillah dengan kerja keras pekerja dan didukung oleh pengurus, pengawas, pengurus kelompok koperasi dan pemerintah desa serta peran serta dari masyarakat, akhirnya program bantuan sosial tersebut dapat diselesaikan dengan baik, lanjunya.

Menurut Slamet,, kini kondisi 25 masjid dan musala di desa Pesantunan makin bersih dan nyaman. Hal ini pun diharapkan akan mampu meningkatkan semangat masyarakat untuk beribadah.

“Masyarakat sekitar masjid dan musala sangat puas dan berterima kasih dengan adanya program ini. Meskipun ada beberapa tempat wudhu dan toilet musala yang meski sudah diperbaiki, tetapi kurang mendapat hasil maksimal, karena memang kondisinya yang sudah termakan usia, sehingga butuh renovasi menyeluruh,” pungkasnya.

Seperti diketahui, desa Pesantunan merupakan desa binaan Yayasan Damandiri, melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari. Melalui program ini, berbagai upaya pemberdayaan dilakukan, tak kecuali di sektor keagamaan.

bantuanbrebesDamandiriJatengKoperasiMasjidmusalaPesantunanWanasari
Comments (0)
Add Comment